Optimasi Biaya Pelaksanaan Konstruksi Jalan Dengan Metode Logika Fuzzy Inference System Takagi-Sugeno Pada Proyek Jalan Trans Kalimantan Provinsi Kalimantan Utara
Main Author: | Nugraha, Febryan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162499/1/FEBRYAN%20NUGRAHA.pdf http://repository.ub.ac.id/162499/ |
Daftar Isi:
- Pembangunan nasional memerlukan infrastruktur sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Salah satu bagian utama dari pembangunan infrastruktur adalah pembangunan jalan raya. Pembangunan jalan raya memerlukan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum proses pembangunan dimulai, seperti faktor bahan, peralatan, tenaga kerja, waktu dan biaya. Pada prakteknya dibutuhkan perhitungan yang akurat dalam menentukan jumlah yang dibutuhkan dari masing-masing faktor, karena sedikit kekeliruan saja dapat menyebabkan kerugian dipihak kontraktor yang berdampak rendahnya kualitas jalan raya. Pada penelitian ini digunakan logika fuzzy (fuzzy logic) sebagai pengambil keputusan. Karena cara kerja logika fuzzy merepresentasikan cara berfikir manusia yang nampak dari sisi luar dan tertuang dalam bentuk kata-kata. Logika Fuzzy merupakan suatu logika yang memiliki nilai kekaburan atau kesamaran ( fuzzyness) antara benar atau salah. Dalam teori logika fuzzy suatu nilai dapat bernilai benar atau salah secara bersamaan. Fuzzy sendiri dalam bahasa diartikan sebagai atau samar-samar.Logika fuzzy memiliki derajat keanggotaan dalam rentan 0 sampai 1. Logika fuzzy biasa dipakai sebagai penunjuk sejauh mana nilai itu benar dan sejauh mana nilai itu salah, berbeda dengan logika klasik, suatu nilai hanya mempunyai dua kemungkinan yaitu merupakan suatu anggota himpunan atau tidak. Logika fuzzy juga dapat digunakan sebagai alternatif pengambilan keputusan sebagai sistem kendali modern yang mudah. Logika fuzzy yang digunakan adalah FIS Takagi-Sugeno karena komputasi yang lebih efisien, bekerja baik untuk teknik linier, bekerja baik untuk optimasi adaptif dan menjamin kontinuitas hasil. Pada penelitian ini juga akan dikembangkan sebuah aplikasi yang bertujuan membantu pengguna dalam menganalisis dan meramalkan kebutuhan apa saja yang diperlukan dalam membuat suatu konstruksi jalan raya. Dangan menggunakan user interface berbasis FIS Takagi_Sugeno yang dihasilkan dalam penelitian ini, kinerja yang dihasilkan menggunkan Logika fuzzy lebih baik dibandingkan perhitunganmanual, hal ini dapat dilihat dari total biaya yang dihasilkan dari tipa perhitungan. Untuk perhitungan menggunakan Logika Fuzzy memiliki total biaya sebesar Rp.52.950.009.851 sedangkan hasil perhitungan manual sebesar Rp. 54.840.926.051.