Strategi Pengembangan Industri Animasi Kota Malang
Main Author: | Wardani, Liarizza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162483/1/Liarizza%20Wardani.pdf http://repository.ub.ac.id/162483/ |
Daftar Isi:
- Kota Malang merencanakan menjadi Kota Kreatif, yang didukung dengan adanya industri kreatif, salah satunya yaitu industri animasi. Industri animasi sebagai salah satu sektor penggerak ekonomi kreatif di Kota Malang yang didukung dengan adanya lingkungan pengembangan (quadruple helix) dan dinaungi oleh Komunitas Forum Animasi Malang. Komunitas FAM sebagai komunitas yang mewadahi kegiatan industri animasi mengalami beberapa kendala terkait fasilitasi pengembangan keterampilan, teknologi, media promosi, serta kerjasama dalam memperluas jaringan. Oleh karena itu dibutuhkan strategi dan rencana aksi untuk menyelesaikan kendala tersebut, maka dalam penelitian ini dilakukan analisis linkage system, analisis peran aktor, analisis PESTLE, sehingga dapat dirumuskan visi “Terwujudnya Komunitas FAM sebagai Inkubator Industri Animasi yang Berbasis Jasa Produksi Animasi dan Produksi Konten Animasi” dengan value customer intimacy. Visi tersebut diterjemahkan ke dalam tiga misi, kemudian ketercapaian misi (critical success factor) diidentifikasi dengan menggunakan metode balanced scorecard hingga dihasilkan 6 ukuran keberhasilan (critical success factor) dan 5 strategi. kemudian merumuskan suatu rencana strategis melalui SWOT sehingga menjadi 19 rencana aksi terkait peningkatan akses jaringan klien, teknologi, dan sumber daya manusia