Efektivitas Sistem e-Registration, e-SPT dan e-Filing dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara)

Main Author: Hanggara, Andhika Deby
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162481/1/Andhika%20Deby%20Hanggara.pdf
http://repository.ub.ac.id/162481/
Daftar Isi:
  • Indonesia telah melakukan modernisasi sitem perpajakan. Penerapan sistem pendaftaran NPWP dengan e-Registration dan pelaporan SPT dengan e-SPT/eFiling telah berjalan. Penerapan diharapkan dapat meningkatkan pertambahan wajib pajak dan meningkatkan tingkat pelaporan pajak sehingga diterima peningkatan penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas Sistem eRegistration, e-SPT dan e-Filing dalam upaya peningkatan penerimaan pajak di KPP Pratama Malang Utara (2) hambatan dalam upaya peningkatan penerimaan pajak menggunakan Sistem e-Registration, e-SPT dan e-Filing di KPP Pratama Malang Utara. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini adalah Sistem e-Registration, e-SPT dan e-Filing berhasil menaikkan pendaftaran NPWP oleh wajib pajak orang Pribadi dan pelaporan SPT oleh wajib pajak orang pribadi. Walaupun Sistem e-Registration, eSPT dan e-Filing sudah berhasil meningkatkan jumlah wajib pajak orang pribadi dan pelaporan SPT orang pribadi tetapi penerimaan pajak dari orang pribadi masih mengalamai fluktuasi. Hal ini menggambarkan bahwa ada praduga Sistem eRegistration, e-SPT dan e-Filing tidak terkatit dengan penerimaan pajak tetapi ada faktor lain yang mungkin berasal dari Pengaruh Inflasi, Pemeriksaan Pajak Dan Jumlah Wajib Pajak. Hambatan dari sistem e-Registration yang ditermui oleh petugas KPP Pratama Malang Utara berasal dari faktor Teknologi ysitu belum adanya pemberitahuan tentang kasus permohonan pemindahan dan pengukuhan PKP. Hambatan lain terkadang adanya jaringan internet yang melambat. Upaya yang dilakukan petugas KPP Pratama Malang Utara adalah dengan menulis daftar manual permohonan pemindahan dan pengukuhan PKP yang tidak muncul pemberitahuan. Hambatan dari sistem e-SPT/e-Filing yang ditemui oleh petugas KPP Pratama Malang Utara berasal dari faktor Sumber Daya Manusia yaitu kurangnya pengetahuan wajib pajak dan dari faktor Teknologi yaitu server yang melambat ketika masa-masa akhir pelaporan. Upaya yang dilakukan petugas KPP Pratama Malang Utara adalah dengan melakukan sosialisasi, membuka layanan konsultasi dan membuat ruangan khusus untuk pelaporan SPT dengan sistem eSPT/e-Filing.