Daftar Isi:
  • Pada masa sekarang ini angkutan umum lebih cenderung ditinggalkan oleh masyarakat, hal ini tidak terlepas dari minimnya tingkat pelayanan yang diberikan oleh operator angkutan umum kepada masyarakat sebagai pengguna jasa angkutan umum. Jumlah penumpang angkutan umum mengalami penurunan yang disebabkan pergeseran pengguna moda angkutan umum ke moda pribadi (mobil dan motor). Sehingga dalam penelitian ini dilakukan kajian identifikasi pemodelan pemilihan moda angkutan umum terhadap pengguna moda pribadi mobil dan motor di Kota Mataram. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi pelaku perjalanan dan perjalanan pengguna moda mobil dan motor, serta pemodelan pemilihan moda angkutan umum dengan menggunakan kendaraan eksisting (motor dan mobil). Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis multinominal logit untuk mengetahui model pemilihan moda angkutan umum dengan moda eksisting (motor dan mobil). Variabel yang berpengaruh terhadap pemodelan pemilihan moda ialah jarak, jenis pergerakan, kepemilikan kendaraan, pendapatan, lama pergerakan,struktur rumah tangga, keamanan, keselamatan, waktu antara, kebijakan pajak kendaraan, kebijakan biaya pembuatan SIM dan kebijakan biaya parkir. Hasil perhitungan probabilitas pemilihan moda menunjukkan berdasarkan peningkatan pelayanan angkutan umum 10,09% pengguna kendaraan pribadi pindah menggunakan angkutan umum dan berdasarkan peningkatan pelayanan serta kebijakan transportasi 82,71% pengguna kendaraan pribadi berpindah ke angkutan umum.