Analisis Dampak Komunikasi dan Profesionalisme Waiter pada Citra Guest House (Studi pada Fendi’s Guest House Malang)

Main Author: Sari, Indah Nurmala
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162421/1/Indah%20Nurmala%20Sari.pdf
http://repository.ub.ac.id/162421/
Daftar Isi:
  • Perkembangan kegiatan industri pariwisata di Kota Malang membuka peluang bagi pengusaha untuk mengembangkan bisnis di bidang usaha penyediaan akomodasi penginapan. Fendi’s Guest House merupakan salah satu penginapan berkonsep unik di Kota Malang. Komunikasi antara waiter dengan tamu memiliki peran penting dalam meningkatkan kepuasan tamu dan membentuk citra perusahaan. Profesionalisme seorang waiter juga diperlukan untuk membentuk sebuah image perusahaan tersebut sehingga peneliti mengangkat judul “Analisis Dampak Komunikasi dan Profesionalisme Waiter pada Citra Guest House (Studi pada Fendi’s Guest House Malang).” Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan dua rumusan masalah, yaitu (1) Bagaimana dampak komunikasi waiter pada citra Fendi’s Guest House? (2) Bagaimana dampak profesionalisme waiter pada citra Fendi’s Guest House?. Sumber data diperoleh dari kunci informan, observasi, dokumen dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Adanya miskomunikasi antara waiter dengan tamu khususnya tamu asing karena waiter tidak menguasai bahasa inggris. (2) Waiter dan karyawan yang bekerja di Fendi’s Guest House sebagian besar tidak memiliki latar pendidikan di bidang perhotelan. (3) SOP yang bersifat kondisional mengakibatkan pekerjaan waiter terbengkalai dan hasil pekerjaan yang telah diselesaikan berbeda-beda. Hasil pekerjaan yang dinilai meliputi kebersihan kamar dan waktu yang dipakai saat make up room. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti memberikan rekomendasi yaitu kepada Fendi’s Guest House, kepala HRD, dan karyawan Fendi’s Guest House berupa mengadakan pelatihan bahasa asing khususnya bahasa Inggris karena tamu yang sering berkunjung ke Fendi’s Guest House merupakan tamu asing dan menjadikan pendidikan dalam bidang perhotelan sebagai syarat penerimaan karyawan baru.