Strategi Pengembangan Industri Keramik Dinoyo oleh Dinas Koperasi dan UKM sebagai Local Economic Development (Studi pada Sentra Industri Keramik Dinoyo Kota Malang)
Main Author: | Kartikasari, Rahardian Dyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162401/1/Rahardian%20Dyah%20Kartikasari.pdf http://repository.ub.ac.id/162401/ |
Daftar Isi:
- Dalam penulisan skripsi ini, peneliti membahas mengenai strategi pengembangan Industri Keramik Dinoyo sebagai ekonomi lokal di Kota Malang. Pengembangan industri keramik perlu dilakukan guna meningkatnya ekonomi lokal, maka pengrajin melakukan rencana dan strategi untuk mengembangkan suatu potensi daerah yakni potensi industri keramik. Sehubungan dengan itu, para pengrajin juga mengalami beberapa kendala dalam melakukan pengembangan UKM Keramik di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Fokus pertama dalam penelitian ini mengenai strategi pengembangan industri kecil keramik. Fokus kedua mengenai kendala yang dihadapi pelaku usaha untuk mengembangkan industri kecil keramik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana Penelitian menunjukkan bahwa industri keramik saat ini mengalami penurunan. Strategi yang dilakukan yakni dalam aspek peningkatan finansial, pengembangan pemasaran, pengembangan sumber daya manusia, dan strategi pengaturan dan perijinan. Di samping itu terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha diantaranya sarana dan prasarana yang kurang memadai, rendahnya sumber daya manusia, dan persaingan pasar. Rekomendasi yang dapat peneliti berikan adalah sosialisasi mengenai bantuan finansial kepada seluruh pelaku usaha skala kecil dan menengah, sosialisasi mengenai bantuan pemasaran, dan sosialisasi mengenai pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan keterampilan pengrajin keramik. Para pengrajin keramik skala kecil bekerja sama dengan mitra yang ditunjuk dalam hal ini pihak swasta. Dinas Koperasi dan UKM berupaya dengan lembaga formal yang bertujuan untuk pengembangan produk.