Manajemen Lalu Lintas untuk Meningkatkan Kinerja Simpang dan Kinerja Jalan di Jalan Gajayana dan Jalan Sumbersari Kota Malang

Main Author: ‘Azizah, Laila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162370/1/Laila%20%E2%80%98Azizah.pdf
http://repository.ub.ac.id/162370/
Daftar Isi:
  • Jalan Gajayana dan Jalan Sumbersari merupakan salah satu jalan yang menghubungkan pergerakan dari arah Kota Batu ke Pusat Kota Malang dan ke Kota Malang bagian selatan. Pergerakan yang tinggi pada jalan tersebut akan berpengaruh terhadap tingginya volume lalu lintas yang dapat menyebabkan kemacetan. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun manajemen lalu lintas yang sesuai untuk meningkatkan kinerja simpang dan kinerja jalan di Jalan Gajayana dan Jalan Sumbersari Kota Malang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis analisis kinerja simpang bersinyal, analisis kinerja simpang tak bersinyal, analisis kinerja jalan, dan analisis manajemen lalu lintas. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja simpang, simpang bersinyal MT. Haryono berada pada tingkat pelayanan/LOS F dengan nilai tundaan/D=169,18 (det/smp), simpang bersinyal Veteran berada pada LOS F dengan D=164,82 (det/smp), dan simpang tak bersinyal Gajayana berada pada LOS F dengan peluang antrian/QP=40-79%. Sedangkan kinerja Jalan Gajayana berada pada LOS F (derajat kejenuhan/DS=1,14) dan Jalan Sumbersari berada pada LOS F (DS=1,04). Alternatif terpilih pada simpang bersinyal MT. Haryono, simpang bersinyal Veteran dan simpang tak bersinyal Gajayana yaitu pemisahan tipe pergerakan/pemindahan rute arus lalu lintas yang dikombinasikan dengan perbaikan simpang, manajemen ruas jalan, dan optimalisasi lampu lalu lintas, sehingga setelah penerapan alternatif terpilih, LOS simpang meningkat menjadi LOS C dan LOS jalan juga meningkat menjadi LOS C.