Inovasi Pelayanan Publik “Sogun” (Samsat Orang Gunung) di Kantor Samsat Kraksaan Kabupaten Probolinggo
Main Author: | Laraswati, Nainin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162311/1/Nainin%20Laraswati.pdf http://repository.ub.ac.id/162311/ |
Daftar Isi:
- Samsat singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap, yaitu suatu sistem kerjasama secara terpadu antara Polri, Bapenda dan PT. Jasa Raharja (Persero). Samsat memberikan pelayanan untuk penerbitan STNK/TNK yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas Negara baik melalui PKB, BBNKB dan SWDKLLJ dan dilaksanakan pada satu kantor yang diberi nama Kantor Bersama Samsat. Dalam upaya memberikan pelayanan tersebut khususnya pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), pihak Kantor Bersama Samsat Kraksaan Kabupaten Probolinggo membentuk inovasi layanan Samsat Sogun (Orang Gunung). Hadirnya layanan Samsat Sogun disebabkan dari adanya pengaduan masyarakat yang berada di daerah pegunungan yang mengalami kesulitan dalam membayarkan pajak kendaraan bermotor ke Kantor Bersama Samsat Induk Kabupaten Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi serta faktor pendukung dan penghambat yang terjadi dalam pelaksanaan Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Layanan Samsat Sogun di Kantor Bersama Samsat Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini didasarkan pada teori atribut inovasi menurut Rogers dalam Suwarno (2008:17) yang terdiri dari relative advantage, compatibility, complexity, triability, dan observability serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang terjadi dalam pelaksanaan layanan Samsat Sogun. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Pengumpulan Data, Kondensasi Data, Penyajian Data dan Menarik Kesimpulan atau Verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Sogun di Kantor Bersama Samsat Kraksaan Kabupaten Probolinggo dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa kekurangan dan hambatan yang terjadi. Hambatan yang terjadi dalam inovasi layanan Samsat Sogun adalah ketika jaringan internet yang digunakan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor sedang trouble atau bermasalah serta kondisi cuaca yang tidak terduga.