Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Blitar)
Main Author: | Kumala, Nofa Irma Kumala |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162265/1/Nofa%20Irma%20Kumala.pdf http://repository.ub.ac.id/162265/ |
Daftar Isi:
- Kualitas pelayanan ini menekankan orientasi pada pemenuhan akan kebutuhan masyarakat maka kepuasan masyarakat merupakan factor utama yang harus diperhatikan oleh penyedia pelayanan sehingga memiliki nilai yang lebih dan berkaitan erat dengan bukti fisik, reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati.. Dalam penelitian ini, kualitas pelayanan menjadi fokus utama dalam upaya untuk pengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan prosedur pengumpulan data survey. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Metode penemuan jumlah populasi yaitu menggunakan rumus pengambilan sampel apabila populasi tidak diketahui sehingga didapatkan 96 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner. Uji yang digunakan ada uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji heterodeksitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji regresi linier berganda meliputi, persamaan regresi,koefisien determinasi (R2), uji parsial (t), uji simultan/serampak (F). Hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada, pengujian secara simultan memberikan kesimpulan bahwa dari kelima variabel diantaranya bukti fisik (X1), reliabilitas/ keandalan (X2), responsivitas/daya tanggap (X3), jaminan (X4), empati (X5) berpengaruh secara signifikan kepuasan masyarakat. Dari uji diperoleh hasil adjusted R 2 sebesar 0,672 yang artinya 67,2% bahwa variabel Kepuasan Masyarakat akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Bukti Fisik (X1), Reliabilitas (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), Empati (X5). Sedangkan sisanya 32,8% variabel Kepuasan Masyarakat akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.