Kualitas Pelayanan Ketenagakerjaan melalui Program Pemagangan Jawa Timur Program Magang Kerja (Jatim Promag) (Studi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur)
Main Author: | Denys, Angela Ariska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162257/1/Angela%20Ariska%20Denys.pdf http://repository.ub.ac.id/162257/ |
Daftar Isi:
- Penyelenggaraan pelayanan publik harus memiliki standar layanan sebagai jaminan adanya kepastian bagi pemberi layanan maupun penerima layanan. Disnakertrans Provinsi Jawa Timur yang bertugas melayani masyarakat yang akan masuk dunia kerja yang sasarannya adalah angkatan kerja, pencari kerja, dan pengangguran. Sehingga Disnakertrans Provinsi Jawa Timur perlu memberikan pelayanan yang baik agar kegiatan magang kerja berjalan sesuai rencana yaitu untuk meningkatkan keterampilan dan capaian standar kompetensi kerja. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan program pemagangan Jawa Timur Program Magang Kerja (Jatim Promag) yang dilaksanakan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur. Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pelayanan Jatim Promag. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatanan kualitatif. Analisisnyang digunakan adalah analisis model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Pada model analisis ini peneliti melakukan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain: 1) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur memiliki kewenangan di bidang tenaga kerja dan transmigrai serta tugas pembantuan dalam bidang ketenagakerjaan. 2) Program pemagangan Jatim Promag dibagi menjadi dua yaitu program magang dalam negeri dan program magang luar negri. 3) Dalam pelayanan pelaksanaan program Jatim Promag menggunakan sarana online untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dan data-data yang diperlukan mengenai program pemagangan. 4) Program Jatim Promag ini melakukan kerjasama dengan Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) dan Bursa Kerja di sekolah kejuruan (SMK), Balai Latihan kerja khusunya untuk program magang dalam negeri yang membantu penyebarluasan informasi magang dan kompetensi kerja. Sedangkan program magang luar negeri bekerjasama dengan IM Japan yang merupakan asosiasi pengusaha kecil dan menengah di Jepang. 5) Indikator Keberhasilan pelayanan Program Pemagangan Jatim Promag dapat dinilai dari lima dimensi yaitu Tangibel, Reliability, Responsiviness, Assurance dan Empathy