Analisis Strategi Pengembangan Pasar UMKM Ke Kawasan Asia Tenggara Dalam Menghadapi Kebijakan MEA (Studi Pada Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan Kota Malang)
Main Author: | Salsabiila, Adhinta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162233/1/Adhinta%20Salsabiila.pdf http://repository.ub.ac.id/162233/ |
Daftar Isi:
- Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan sebuah kebijakan yang dibentuk oleh negara – negara di ASEAN dalam rangka membantu perekonomian negara – negara ASEAN. Dalam kebijakan MEA tersebut juga dicantukan tujuan untuk mengembangkan UMKM di kawasan ASEAN. Salah satu UMKM yang berada di Kota Malang ialah di Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Kota Malang. Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Kota Malang merupakan kawasan yang memproduksi berbagai macam olahan tempe. Kawasan ini berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur. Di kawasan industri tersebut mempunyai paguyuban yang diberinama Paguyuban Sentra Industri Keripik dan Tempe SANAN. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dampak kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) terhadap perkembangan pasar UMKM Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan Kota Malang di Asia Tenggara, (2) Untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh UMKM Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan Kota Malang dalam mengembangkan pasar mereka ke kawasan Asia Tenggara. Hasil dari penelitian ini ialah pelaku UMKM yang telah menjual produk keripik tempe mereka ke luar negeri merasakan adanya dampak dari terealisasinya kebijakan MEA walaupun dampak tersebut masih sangat sedikit serta berinovasi dalam membuat produk keripik tempe baru yang dapat diterima oleh konsumen luar negeri. Dengan adanya kebijakan MEA pelaku UMKM juga menerapkan beberapa strategi agar dapat mengembangkan pasar mereka ke luar negeri terutama Asia Tenggara seperti meningkatkan daya saing, dan strategi agar dapat bersaing di dalam pasar bebas.