Pengaruh Atribut Produk dan Karakteristik Website Terhadap E-Loyalty (Studi pada Wisatawan Domestik ke Kota Malang yang Menggunakan Situs Traveloka)
Main Author: | Rinning, Tubagoes |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162141/1/Tubagoes%20Rinning.pdf http://repository.ub.ac.id/162141/ |
Daftar Isi:
- Pemasaran online merupakan sarana untuk memasarkan produk atau jasa melalui internet. Pemasaran online juga merupakan aplikasi dari internet dan teknologi-teknologi digital terkait untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran, teknologi-teknologi itu seperti media internet. Pemasaran online dalam sektor pariwisata memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan daya guna dalam bidang pariwisata, memberikan berbagai jasa layanan pariwisata kepada customers dalam bentuk telematika dan menjadikan pemasaran pariwisata lebih mudah diakses. Pemasaran pariwisata secara online dapat dilakukan dengan website. Website yang baik dan menarik mempertimbangkan atribut produk dan karakteristik website yang ditawarkan dalam website tersebut. Kedua aspek tersebut mempengaruhi e-loyalty dari pengguna website tersebut. Maka dari itu, penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh, 1) secara bersama-sama atribut produk dan karakteristik website terhadap e-loyalty, 2) atribut produk terhadap e-loyalty, 3) karakteristik website terhadap e-loyalty. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Objek peneltian ini adalah wisatawan domestik ke Kota Malang yang menggunakan situs Traveloka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Machin dan mendapatkan sampel sebanyak 120 responden. Metode yang digunakan dalam mengumpulan data adalah dengan menyebarkan kuisoner kepada wisatawan domestik ke Kota Malang yang menggunakan situs Traveloka. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis regresi liniear berganda. Hipotesis pertama pada penelitian ini yaitu atribut produk dan karakteristik website berpengaruh secara simultan terhadap e-loyalty. Hipotesis kedua yaitu atribut produk berpengaruh terhadap e-loyalty. Hipotesis ketiga karakteristik website berpengaruh terhadap e-loyaty. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut produk dan karakteristik website memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap e-loyalty. Variabel atribut produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel e-loyalty. Variabel karakteristik website berpengaruh signifikan secara parsial terhadap varibel e-loyalty.