Kekuatan Komunikasi Melalui Instagram Oleh Perusahaan dan Selebriti Endorser terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention pada Generasi Millenial (Studi pada Komunikasi Instagram VIVO Smartphone di Indonesia)

Main Author: Wijaya, Kholivan Reinaldi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162140/1/Kholivan%20Reinaldi%20Wijaya.pdf
http://repository.ub.ac.id/162140/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh firm-created social media communication terhadap brand awareness, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh firm-created social media communication terhadap purchase intention,(3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh celebritiescreated social media ccmmunication terhadap brand awareness, (4) mengetahui dan menjelaskan pengaruh celebrities-created social media communication terhadap purchase intention (5) pengaruh brand awareness terhadap purchase intention. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory atau explanative dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan pengikut dari akun @vivo_indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik non-probability sampling dengan cara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengupulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menybebar kuisioner. Analisis yang digunankan yaitu analisis deskriptif dan jalur (path analysis). Penelitian ini menunjukkan celebrities-created social media communication memiliki pengaruh yang lebih besar dibanding dengan firm-created social media communication meskipun keduanya secara signifikan mempengaruhi brand awareness dan niat purchase intention. Hasil penelitan ini juga menunjukkan dalam celebrities-created social media communication, attractiveness dari selebriti menjadi peran terbesar. Sedangkan pada firm-created social media communication attractiveness dari media sosial juga nilai terbesar. Rekomendasi untuk perusahaan adalah untuk tetap menggunakan firm-created social media communication dan celebrities-created social media communication serta selalu meningkatkan daya tariknya. Menjaga harga produk yang kompetitif juga penting karena berdasarkan harga hasil yang menjadi perhatian utama Millenial dalam penelitian ini untuk membeli smartphone.