Inovasi Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran melalui Program SI Dukun 3 In 1 (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta)
Main Author: | Pangestut, Hafshah Destika Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162129/1/Hafshah%20Destika%20Ayu%20Pangestuti.pdf http://repository.ub.ac.id/162129/ |
Daftar Isi:
- Program SI Dukun 3 In 1 merupakan sebuah inovasi baru yang dicetuskan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta dengan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan 10 rumah sakit di DKI Jakarta. Program SI Dukun 3 In 1 menawarkan sebuah metode pelayanan baru dimana masyarakat DKI Jakarta dapat langsung mengurus pembuatan akta kelahiran di 10 rumah sakit tersebut dan hanya membutuhkan waktu tiga hingga empat hari. Selain akta kelahiran produk layanan yang didapatkan dari program SI Dukun 3 In 1 adalah kartu BPJS Kesehatan, Kartu Identitas Anak, dan Kartu Keluarga baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran melalui program SI Dukun 3 In 1 dan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran melalui program SI Dukun 3 In 1 di DKI Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu Inovasi pelayanan pembuatan akta kelahiran melalui program SI Dukun 3 In 1 serta faktor pendukung dan penghambat inovasi program SI dukun 3 In 1. Analisis yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, inovasi program SI Dukun 3 In 1 telah melewati enam tahapan dalam proses inovasi meliputi kebutuhan dan masalah, riset dasar dan aplikatif, pengembangan, komersialisasi, difusi dan adopsi, serta konsekuensi. Untuk menciptakan pelayanan yang efektif dan efisien maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyelenggarakan pelayanan berdasarkan standar pelayanan meliputi prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, produk layanan, sarana dan prasarana, serta kompetensi petugas pemberi layanan. Faktor pendukung meliputi adanya dasar hukum yang jelas serta sarana dan prasarana yang menunjang. Faktor penghambat meliputi kurangnya sumber daya manusia serta jaringan internet yang sering eror. Saran yang dapat diberikan adalah diadakannya sosialisasi tingkat Kecamatan, Kelurahan, RW mapun RT, dibuatnya SOP khusus untuk program SI Dukun 3 In 1, penambahan personel operator program SI Dukun 3 In 1, dan perbaikan jaringan internet.