Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Barang (Studi Kasus Pt. Trivia Nusantara)
Main Author: | Rizyomi, Afifahlya Alif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162108/1/Afifahlya%20Alif%20Rizyomi.pdf http://repository.ub.ac.id/162108/ |
Daftar Isi:
- PT. Trivia Nusantara adalah suatu usaha di bidang jasa advertising dan retail alat tulis kantor. Setelah melakukan observasi didapatkan permasalahan dalam hal pemesanan barang. Yaitu kurangnya dukungan sistem informasi menyebabkan proses pemesanan barang menjadi lebih lama dan memakan banyak biaya dalam melakukan komunikasi. Semakin berkembangnya teknologi berdampak pada semakin ketatnya persaingan bisnis, hal ini memicu PT. Trivia Nusantara untuk membangun sistem informasi pemesanan barang agar dapat menunjanng operasional perusahaan. Dikarenakan PT. Trivia Nusantara tidak memiliki tenaga ahli TI sehingga pimpinan perusahaan berencana membangun sistem informasi pemesanan barang dengan bekerja sama dengan vendor. Berdasarkan konsep SDLC (Software Development Life Cycle) hal awal yang dibutuhkan adalah sebuah analisis kebutuhan dan peracangan sistem yang terdokumentasi. Analisis dan perancangan sistem yang dilakukan menggunakan metodologi Ripple pada 4 fase awal. Pada fase genesis dan fase requirement dilakukan analisis kebutuhan. Sedangkan perancangan dilakukan pada fase analysis dan fase design. Pentingnya melakukan evaluasi kebutuhan maka pada penelitian ini evaluasi perancangan yang digunakan yaitu metode consistency analysis terbukti memiliki nilai presentase 100% konsisten dan termasuk kategori correctness sedangkan pada uji correctness yang membuktikan bahwa kebutuhan sistem dengan perancangan sistem bersifat konsisten dan benar.