Analisis Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) Framework (Studi Kasus Bidang Pengembangan Produk Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Batu)

Main Author: Fahrizal, Indra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162090/1/Indra%20Fahrizal.pdf
http://repository.ub.ac.id/162090/
Daftar Isi:
  • Bidang Pengembangan Produk Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kota Batu memiliki 6 proses bisnis, antara lain Sertifikasi Usaha Wisata untuk Hotel & Resto, Pendataan Usaha Jasa & Sarana Pariwisata, Koordinasi Perpecapatan Desa Wisata, Koordinasi Pengembangan Produk Pariwisata, Anugerah Wisata Jawa Timur & Festival Makanan Khas, dan Kajian Pengembangan Desa Wisata. Dalam menjalankan proses bisnis terdapat kendala seperti target waktu pengumpulan data usaha pariwisata tidak tercapai sehingga menghambat pelaksanaan proses selanjutnya, administrasi yang masih paper-based menyebabkan sering terjadi hilangnya data. Oleh karena itu harus dilakukan analisis dan pemodelan proses bisnis yang diharapkan dapat memberikan saran berupa rekomendasi perbaikan proses bisnis yang bisa menjadikan proses lebih efektif dan efisien. Pada penelitian ini menggunakan metode Business Process Improvement dari fase 1: organizing for improvement sampai fase 3: streamlining. Setelah dilakukan perbaikan proses bisnis dengan teknik otomasi dan eliminasi proses didapatkan hasil dari simulasi, yaitu selisih waktu terendah terdapat pada proses bisnis rekomendasi pembuatan laporan akhir yang berukurang sebanyak 1 hari 6 jam 10 menit atau 14,70%, dan selisih waktu tertinggi terdapat pada proses pengambilan data usaha & jasa sarana pariwisata yang berkurang sebanyak 12 hari 5 jam 20 menit atau 56,07%. Maka dapat disimpulkan bahwa proses bisnis rekomendasi lebih efisien karena memiliki waktu penyelesaian yang lebih singkat dibandingkan proses bisnis yang saat ini berjalan pada Bidang Pengembangan Produk Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Batu.