Pengembangan Permainan berbasis Virtual-Rehability Bagi Pasien Pasca Stroke Menggunakan MyoTM Armband

Main Author: Novriananda, Ade Suluh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162075/1/Ade%20Suluh%20Novriananda.pdf
http://repository.ub.ac.id/162075/
Daftar Isi:
  • Penyakit stroke merupakan penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak ke-2 di dunia menurut WHO pada tahun 2015. Untuk mengurangi dampak penyakit stroke, upaya seperti rehabilitasi pada pasien pasca stroke sangat diperlukan. Fase rehabilitasi sangat penting dimana pasien mengalami pendekatan dari segi psikis dan edukasional yang dapat membantu perkembangan penyembuhan pasien. Pasien melakukan rehabilitasi pasca stroke dengan kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang, padahal ketika sehat dapat dilakukannya dengan mudah. dengan begini pasien cenderung merasa bosan dikarenakan tidak dirasa menarik dan menyenangkan. Pada penelitan ini, dilakukan pengembangan sebuah permainan menggunakan myo armband device yang digunakan pada tangan pasien yang terkena stroke untuk melatih otot dan saraf tangan. Myo akan mendeteksi gestur tangan sebagai controller permainan. Hasil pengujian fun testing melalui pengisian kuesioner dan dihitung melalui perhitungan interpretasi indeks dengan skala Likert pada penelitian ini menyatakan bahwa terdapat 80% pada unsur fun dan addictive pada game, 76% keseluruhan permainan yang dimainkan, 72% untuk petunjuk cara bermain dan tampilan permainan, serta 64% untuk tingkat kesulitan permainan. Sedangkan pada pengujian skor, 3 dari 5 pasien mengalami kenaikan yang sangat signifikan dilihat dari seberapa cepat pasien menyelesaikan permainan.