Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: PT. Wonojati Wijoyo)
Main Author: | Susanto, Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162072/1/Tri%20Susanto.pdf http://repository.ub.ac.id/162072/ |
Daftar Isi:
- PT. Wonojati Wijoyo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri furniture kayu jati. Pada PT. Wonojati Wijoyo terdapat divisi-divisi yang dibentuk untuk membantu mencapai tujuan perusahaan, salah satunya divisi accounting dan keuangan. Pada divisi accounting dan keuangan terdapat 3 proses bisnis utama, yaitu pembukuan, membuat laporan keuangan dan penggajian karyawan. Pelaksanaan proses bisnis pada divisi ini masih sering terjadi permasalahan, yaitu pada waktu eksekusi yang lama melebihi dari target waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan pada proses bisnis yang diharapkan bisa memberikan saran berupa rekomendasi proses bisnis yang baru agar proses bisnis berjalan lebih efisien. Dari hasil value chain analysis dan dekomposisi proses bisnis didapatkan proses bisnis utama penggajian karyawan. Berdasarkan evaluasi pada proses bisnis penggajian karyawan dengan metode five whys analysis, didapatkan akar permasalahannya adalah proses absensi yang masih manual dengan menggunakan check log sehingga rentan akan kecurangan dan kesalahan pada proses perekapan. Berdasarkan hasil evaluasi, dilakukan treatment dengan menggunakan tools streamlining dari Business Process Improvement (BPI) untuk mendapatkan rekomendasi proses bisnis. Dari hasil rekomendasi proses bisnis dihasilkan rancangan perbaikan dengan mengganti sistem absensi dengan menggunakan absensi biometri dengan sidik jari dan menghilangkan proses rekap absensi. Kemudian dari simulasi proses bisnis didapatkan selisih dari proses simulasi pada proses bisnis penggajian karyawan sebesar 3 jam 34 menit dengan presentase kenaikan 28.92%.