Pengembangan Sistem Informasi e-CRM berbasis website pada DiniKoe Keramik
Main Author: | Amalina, Farhani Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162012/1/Farhani%20Ayu%20Amalina.pdf http://repository.ub.ac.id/162012/ |
Daftar Isi:
- Dinikoe Keramik adalah salah satu UMKM yang memproduksi sekaligus menjual berbagai macam souvenir dari keramik. Salah satu bagian terpenting dari UMKM ini adalah proses penjualan dan mempertahankan pelanggan. Proses penjualan yang ada di UMKM ini melalui telepon atau mendatangi langsung toko. Hal ini memiliki beberapa kelemahan diantaranya sering kali konsumen komplain dikarenakan pada saat menanyakan produk atau pesanan tetapi tidak langsung dijawab secara cepat. Selain itu juga belum adanya sistem informasi yang terintegrasi menyebabkan proses bisnis yang ada di dalam perusahaan menjadi agak lambat. Oleh karena itu, dibutuhkan Sistem Informasi yang berdasarkan strategi Customer Relationship Managemen (CRM) untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Sistem dibangun berdasarkan model pengembangan waterfall yang memulai pengembangan dari analisis proses bisnis dan persyaratan, perancangan, implementasi sistem, dan pengujian. Dalam memenuhi kebutuhan pengguna, didapatkan kebutuhan 16 fungsional dan 2 nonfungsional sebagai dasar membangun sistem e-CRM Dinikoe Keramik. Hasil uji dari implementasi sistem tersebut menunjukkan bahwa sistem dapat memenuhi kebutuhan fungsional pengguna, sistem dapat berjalan pada jenis dan versi peramban web yang diujikan pada alat bantu SortSite, dan efektivitas menghasilkan 97% berhasil pada kelompok pengguna pelanggandan 83% berhasil pada kelompok pengguna staf penjualan.