Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Ukm Omah Jenang Kelapa Sari Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar)
Main Author: | Rosidah, Elfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161992/1/ELFI%20ROSIDAH.pdf http://repository.ub.ac.id/161992/ |
Daftar Isi:
- Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang besar dalam perekonomian nasional. Menurut Dinas Koperasi Jawa Timur, peran nyata UMKM diantaranya adalah mampu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, dapat memanfaatkan sumber daya lokal yang ada dengan pengolahan sederhana, serta dapat mendorong adanya pengembangan dan inovasi teknologi. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian Republik Indonesia tahun 2017, kontribusi UMKM terhadap PDB meningkat dari 57,84 persen tahun 2012 menjadi 60,34 persen tahun 2016. Omah Jenang Kelapa Sari merupakan salah satu UKM yang memproduksi jenang. Jenang olahan Omah Jenang Kelapa Sari memiliki beberapa keunggulan, diantaranya jenang masih mempertahankan proses produksi dengan cara tradisional, serta sistem pengolahan yang masih menggunakan tenaga manusia. Proses produksi dengan cara tradisional ini dapat memberikan cita rasa tersendiri terhadap produk jenang. Keunggulan lainnya yaitu jenang Kelapa Sari menyediakan berbagai jenis kemasan, seperti kemasan mika, kobot, keranjang dan anyaman bambu dengan berbagai ukuran. Fokus dari penelitian ini adalah produk pangan olahan yang masih bersifat tradisional, yakni jenang. Hal ini dipilih, karena saat ini diantara banyaknya produk pangan modern yang ada, maka minat masyarakat terhadap pangan tradisional menarik untuk diteliti. Selain itu, UKM Omah Jenang Kelapa Sari dipilih menjadi lokasi penelitian karena Omah Jenang Kelapa Sari merupakan pioneer atau perusahaan yang pertama kali memproduksi jenang tradisional untuk dipasarkan. Hal ini sedikit bertentangan dengan karakter produk yang merupakan produk pangan musiman atau yang tersedia hanya pada waktu tertentu, seperti pada musim hajatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komponen citra merek terhadap loyalitas pelanggan produk jenang Kelapa Sari. Selanjutnya, menganalisis besarnya pengaruh masing-masing komponen citra merek terhadap loyalitas pelanggan produk jenang Kelapa Sari. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk memiliki pengaruh secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi masing-masing faktor tersebut yang kurang dari 0,05. Nilai koefisien regresi faktor citra perusahaan sebesar 0,265, sedangkan variabel citra pemakai memiliki koefisien sebesar 0,352, dan citra produk memiliki koefisien sebesar 0,216. Hal ini dapat diartikan, bahwa apabila citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk ditingkatkan, maka loyalitas pelanggan dapat meningkat sebesar angka koefisien regresi yang disumbangkan oleh masing-masing faktor tersebut