Pengaruh YouTube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada pengguna Kosmetik Maybelline di Indonesia)
Main Author: | Sinaga, Rumondang Eliza Maria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161951/1/Rumondang%20Eliza%20Maria%20Sinaga.pdf http://repository.ub.ac.id/161951/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh YouTube Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Konsumen (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh YouTube Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian Produk (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Minat Beli Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi YouTube Beauty Vlogger, Minat Beli Konsumen dan Keputusan Pembelian Produk. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Kosmetik Maybelline dengan usia minimal 17 tahun yang pernah menonton salah satu YouTube Beauty Vlogger Abel Cantika, Sarah Ayu atau Tasya Farasya yang menggunakan produk Maybelline serta pernah membeli produk Maybelline. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner secara langsung (offline) dan secara tidak langsung (online). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan SPSS 22 for Windows. Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa YouTube Beauty Vlogger berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, YouTube Beauty Vlogger berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk, Minat Beli Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi perusahaan dalam memilih YouTube Beauty Vlogger sebagai endorser sebaiknya mempertimbangkan kredibilitas beauty vlogger meliputi: Kepercayaan, Keahlian, dan Daya Tarik, dan dalam memilih YouTube Beauty Vlogger sebaiknya menyesuaikan karakteristik beauty vlogger dengan produk sehingga pesan produk dapat tersampaikan dengan baik.