Pengaruh Country of Origin terhadap Perspsi Kualitas serta Dampaknya terhadap Minat Beli Sepatu Wakai (Survei Online Pada Masyarakat Kuala Lumpur Malaysia)
Main Author: | Izzuddien, Syihab Izzuddien |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161948/1/Syihab%20Izzuddien.pdf http://repository.ub.ac.id/161948/ |
Daftar Isi:
- Teknik pemasaran kreatif adalah suatu keharusan di masa modern ini. Sifat dinamis pasar menuntut pelaku bisnis meracik cara memasarkan brand dengan kemasan yang menarik dan mempunyai kesan yang kuat sehingga identitas brand selalu tersangkut di benak konsumen. Banyak cara untuk membentuk persepsi positif dalam benak konsumen tentang brand, salah satunya adalah dengan membuat konsumen berpikir bahwa brand yang terkait berasal dari negara yang bergengsi atau dianggap prestige. Dengan begitu, persepsi positif dalam benak konsumen akan terbentuk karena brand diasosiasikan dengan negara asal yang diusung. Pemasaran pun akan lebih mudah dilakukan, baik di dalam negeri, maupun di luar negeri, dimana negara asal sebenarnya brand yang terkait mempunyai hubungan yang buruk dengan negata tujuan pemasaran.. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara (1) Country of Origin terhadap Persepsi Kualitas, (2) pengaruh Country of Origin terhadap Minat Beli , (3) pengaruh Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif serta variabel yang digunakan adalah Country of Origin Mouth, Persepsi Kualitas, dan Minat Belu. Populasi dari penelitian adalah warga negara Malaysia yang berusia 17 tahun hingga 24 tahun, dan mengetahui produk Wakai. Sampel yang digunakan sejumlah 116 responden yang diperoleh dari menggunakan rumus Machin dan Champbell. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner yang disebar melalui Google Form agar memudahkan untuk diakses oleh setiap orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa variabel Country of Origin (X) memiliki pengaruh terhadap Persepsi Kualitas (Z) dan Minat Beli (Y) serta Persepsi Kualitas (Z) memiliki pengaruh terhadap Minat Beli (Y). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan perusahaan sebaiknya dapat mempertimbangkan strategi pemasaran dengan melakukan co-branding dengan perusahaan atau brand dari Jepang sehingga menguatkan fondasi brand Wakai sendiri sebagai brand yang mengusung tema Jepang