Perbaikan Usability Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop dengan menggunakan metode Usability Testing dan USE Questionnare

Main Author: Fahmi, Moch. Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161944/1/Moch.%20Dian%20Fahmi.pdf
http://repository.ub.ac.id/161944/
Daftar Isi:
  • Analisa usability pada suatu aplikasi atau produk dapat membantu memberikan evaluasi untuk mengembangan aplikasi tersebut. Dengan mengukur usability ini dapat menentukan suatu produk yang sesuai dengan keinginan pengguna untuk mencapai tujuan dan bagaimana pengguna mudah menggunakannya sesuai dengan perspektif pengguna. Pada penulisan penelitian ini dipilih aplikasi pemesanan tiket bioskop diseluruh Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode usability testing dan USE Questionnare. Dengan adanya pengujian ini mampu memberikan rekomendasi perbaikan pada aplikasi pemesanan tiket nonton online agar dapat dikembangan sesuai dengan keinginan pengguna. Pengujian ini dilakukan dengan bertemu responden yang terpilih dari sampel secara langsung. Pengujian dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu melakan usability testing, mengisi kuesioner dan melakukan wawancara kepada responden. USE Questionnare adalah salah satu metode untuk menemukan permasalahan usability, dibagi menjadi empat kategori yaitu, usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Dan untuk setiap kategori akan merepresentasikan tingkat usability aplikasi ini. Pengujian awal dilakukan untuk mengetahui nilai usability aplikasi sebelum adanya rekomendasi perbaikan, pengujian akhir dilakukan untuk mengetahui nilai usability setelah adanya perbaikan. Rekomendasi perbaikan berupa prototype berdasarkan dari guidelines Google Material Design disesuaikan dengan permasalahan yang ditemukan pada pengujian awal dilengkapi dengan wawancara yang dilakukan oleh peneliti.