Penerapan Metode User Centered Design Pada Aplikasi E-Learning Berbasis Android (Studi Kasus: Sman 3 Sidoarjo)

Main Author: Krisnoanto, Arie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161936/1/Arie%20Krisnoanto.pdf
http://repository.ub.ac.id/161936/
Daftar Isi:
  • Pendidikan dan teknologi merupakan dua hal yang saling ketergantungan untuk kehidupan manusia dimasa depan. SMAN 3 Sidoarjo merupakan salah satu sekolah yang memiliki fasilitas edukasi untuk siswa dan pengajar yaitu e-learning, fasilitas yang sudah berjalan beberapa tahun di situs resmi sekolah ini masih dalam tahap pengembangan dan masih belum digunakan sepenuhnya dengan baik oleh pihak sekolah karena kurangnya minat penggunaan e-learning dari pihak siswa dan pengajar. Data dari statista.com terdapat 88,37% pengguna smartphone dengan sistem operasi Android hingga akhir tahun 2017. Dengan melihat dan memanfaatkan kondisi di lapangan, siswa dan pengajar telah menggunakan smartphone dalam kegiatan sehari-hari serta memaksimalkan penggunaan e-learning sekolah, aplikasi penunjang kegiatan pembelajaran atau e-learning sekolah diimplemetasikan pada smartphone Android dengan menggunakan metode User-Centered Design yang mengacu pada experience pengguna sehingga dapat membuat aplikasi e-learning ini memiliki nilai usability yang cukup baik untuk digunakan oleh siswa dan pengajar. Disamping itu metode UCD bersifat iteratif yang artinya dapat menggali kebutuhan pengguna end-user yang dapat berubah-ubah secara langsung. Data uji yang dihasilkan saat menggunakan metode kuesioner USE terdapat hasil rata-rata kelayakan pada kriteria usefulness sebesar 91,71%, kriteria ease of use sebesar 83,37%, kriteria ease of learning sebesar 94,5%, dan kriteria satisfaction sebesar 82,16%. Untuk rata-rata hasil nilai uji usability menggunakan task scenario didapati 96,7% keberhasilan pada pengguna siswa dan 94,6% keberhasilan pada pengguna pengajar.