Pengaruh Perceived Value dan Satisfaction Terhadap Brand Loyalty (Survei pada Pelanggan Produk Nu Skin di Distributor Resmi Perumahan Aluminium Kota Malang)

Main Author: Rismanita, Rinda Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161922/1/Rinda%20Ayu%20Rismanita.pdf
http://repository.ub.ac.id/161922/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perceived value yang dianggap hanya sebatas meningkatkan nilai yang dirasakan pelanggan, padahal mampu meningkatkan kepuasan dan loyalitas terhadap merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh secara parsial maupun simultan Perceived Value (X1) dan Satisfaction (X2) terhadap Brand Loyalty (Y) Pelanggan Produk Nu Skin di Kota Malang. Variabel independen pada penelitian ini yaitu Perceived Value (X1) dan Satisfaction (X2). Variabel dependen dari penelitian ini adalah Brand Loyalty (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (Explanatory Research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Perceived Value, Satisfaction dan Brand Loyalty. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan produk Nu Skin di Kota Malang, Jawa Timur yang berusia 17 tahun ke atas dan sudah menggunakan produk Nu Skin dan melakukan pembelian lebih dari satu kali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 112 orang responden yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Perceived Value (X1) berpengaruh secara parsial terhadap Brand Loyalty (Y) dengan nilai signifikansi t < α yaitu 0,030 < 0,05. Variabel Satisfaction (X2) berpengaruh secara parsial terhadap variabel Brand Loyalty (Y) dengan nilai siginifikansi t < α yaitu 0,000 < 0,05. Perceived Value (X1) dan Satisfaction (X2) berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap Brand Loyalty (Y) yang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dengan kontribusi yang diberikan sebesar 51,1 % yang diperoleh berdasarkan nilai Adjusted R Square. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya Nu Skin meningkatkan kualitas Perceived Value yang sedang dijalankan, dan meningkatkan Satisfaction yang dirasakan oleh pelanggan. Sebab, perceived value dan satisfaction secara simultan memiliki peran besar dalam meningkatkan kualitas brand loyalty terhadap produk yang dikeluarkan oleh Nu Skin.