Pengaruh International Brand Image Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Sushi Tei Yogyakarta)

Main Author: Lolita, Anggi Sonia Natasha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161899/1/Anggi%20Sonia%20Natasha%20Lolita.pdf
http://repository.ub.ac.id/161899/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh International Brand Image terhadap Kepuasan dan dampaknya pada Loyalitas Pelanggan. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah International Brand Image (X) dan variabel endogen dalam penelitian ini adalah Kepuasan Pelanggan (Y1) dan Loyalitas Pelanggan (Y2). Jenis penelitian yang digunakan yaitu explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi pelanggan Sushi Tei. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa International Brand Image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan angka koefisien 0,803, kemudian koefisien determinasi menunjukkan angka sebesar 0,645 yang berarti 64,5% variabel Kepuasan Pelanggan dipengaruhi International Brand Image, sedangkan sisanya 35,5% variabel Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Hasil penelitian juga menunjukkan International Brand Image berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan yang dapat dilihat pada angka koefisien beta sebesar 0,521, kemudian Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan secara signifikan dengan angka koefisien beta sebesar 0,366, kemudian koefisien determinasi menunjukkan angka sebesar 0,712 yang artinya bahwa 71,2% variabel Loyalitas Pelanggan dipengaruhi oleh variabel International Brand Image melalui variabel Kepuasan Pelanggan, dan sisanya 28,8% variabel Loyalitas Pelanggan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.