The Influence of Relationship Marketing toward Purchase Decision and its Impact on Customer Satisfaction (Survey on Customer at Informa Tunjungan Plaza Surabaya)
Main Author: | Ramadhan, Mochammad Ilhamsyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161879/1/Mochammad%20Ilhamsyah%20Ramadhan.pdf http://repository.ub.ac.id/161879/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk menguji pengaruh relationship marketing pada purchase decision, (2) untuk menguji pengaruh relationship marketing pada customer satisfaction, (3) untuk menguji pengaruh relationship marketig terhadap customer satisfaction melalui purchase decision. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 118 orang responden yang merupakan pelanggan dari Informa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik nonprobability sampling dengan cara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengupulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menybebar kuisioner. Analisis yang digunankan yaitu analisis deskriptif dan jalur (path analysis). Analisis jalur menunjukkan bahwa (1) Relationship marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase decision dengan koefisien jalur (β) adalah 0,424 dan p-value dengan angka 0,00 (p <0,05); (2) Relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dengan koefisien jalur (β) adalah 0,089 dan p-value dengan angka 0,00 (p <0,05); (3) Purchase Decision terhadap customer satisfaction memiliki pengaruh 0,200. Rekomendasi untuk perusahaan adalah menjaga relationship marketing yang positif dengan meningkatkan kualitas pelatihan kepada karyawan. Menarik dan mempertahankan pelanggan dengan pengalaman berkualitas tinggi secara konsisten. Informa harus dapat mempertahankan dan meningkatkan relationship marketing dan purchase decision, karena relationship marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap customer satisfacrtion melalui purchase decision