Analisis Efisiensi Biaya Produksi Dengan Metode Target Costing Pada Produk Keripik Singkong Berbasis Online di Ud. New Sehati, Kabupaten Mojokerto
Main Author: | Kurniawan, Singgih Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161845/1/SINGGIH%20DWI%20KURNIAWAN.pdf http://repository.ub.ac.id/161845/ |
Daftar Isi:
- Pelaku bisnis dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam upaya tetap bertahan dalam persaingan bisnis.Salah satu cara yaitu dengan menggunaan teknologi pemasaran secara online dapat membatu perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan untuk pencapaian target profit perusahaan.Selain teknologi pemasaran cara lain yang dapat digunakan oleh perusahaan agar dapat bersaing yaitu dengan mengendalikan biaya produksi. Tujuan dilakukannya penelitian ini antara lain: (1) Menganalisis perbandingan pemasaran secara onlinedan pemasaran offline yang dilakukan oleh perusahaan, (2) menganalisis perbandingan biaya produksi dan laba dengan menggunakan metode standard costing dan target costing di perusahaan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif. Pemilihan lokasi di UD. New Sehati ini dikarenakan perusahaan tersebut merupakan salah satu industri olahan makanan di Kabupaten Mojokerto yang memiliki lokasi yang strategis yaitu dekat dengan tempat pariwisata dan pemasaran produk hingga luar negeri seperti singapura, korea, china dan hongkong.Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan judgment sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan pada penelitian ini, antara lain adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Ada tiga teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan antara lain meliputi: 1. Analisis Metode Standard Costing Analisis penentuan standard costing pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis biaya produksi yang dikeluarkan untuk memproduksi kripik singkong dan laba yang diperoleh perusahaan dari penjualan. Perhitungan pada metode standard costing menggunakan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik dan non produksi. 2. Analisis Metode Target Costing Penggunaan metode Target Costing untuk dapat menjawab tujuan dari penelitian yang mengenai pengendalian biaya produksi dan pencapaian target laba bagi perusahaan. Data yang digunakan dalam metode ini adalah produksi keripik singkong pada tahun 2017.Tahapan dalam melakukan metode Target Costing adalah sebagai berikut: a. Menentukan harga jual keripik singkong dengan harga yang kompetitif. b. Menentukan target laba yang diinginkan oleh perusahaan. c. Menghitung target biaya yang efisien untuk digunakan, berdasarkan pada harga jual kompetitif produk dan laba yang diinginkan.ii 3. Deskriptif Deskriptif menjelaskan mengenai cara yang dilakukan untuk penurunan biaya produksi serta membandingkan nilai biaya produksi yang dikeluarkan dan laba yang dicapai dengan menggunakan metode standard costing dan metode target costing. UD. New Sehati merupakan salah satu usaha kecil menegah (UKM) yang terletak di Jalan Sekarsari No 24 RT 04 RW 02 Dusun Sukorejo Desa Kemiri Kecamatan Pacet, Mojokerto – Jawa Timur. UD. New Sehati bergerak dalam bidang industri olahan makanan aneka keripik. Total biaya produksi yang digunakan perusahaan untuk memproduksi keripik singkong menggunakan metode standard costing yaitu sebesar Rp. 460.364.233 atau Rp. 4.568 per kemasan dengan laba bersih yang didapatkan sebesar 17.238.767 atau sebesar 3,8%. Total biaya produksi yang digunakan perusahaan untuk memproduksi keripik singkong menggunakan metode target costing yaitu sebesar Rp. 434.253.754 atau Rp. 4.309 per kemasan dengan laba bersih yang didapatkan sebesar 43.349.246 atau sebesar 9,3%. Selisih biaya biaya yang dapat ditekan menggunakan metode target costing yaitu sebesar Rp. 26.110.479. Pemasaran online yang dilakukan oleh perusahaan terbukti dapat meningkatkan penjualan. Hal ini dibuktikan pemasaran online lebih besar yaitu sebesar 76% di bandingkan pemasaran offline yaitu sebesar 24%. Penerapan metode standard costing belum mampudijadikan acuan dalam penentuan biaya karena belum tercapainya target laba perusahaan. Penerapan metode target costing dalam penentuan biaya produksi dapat dijadikan sebagai acuan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan sehingga biaya produksi lebih efisien dan target laba yang diinginkan tercapai. Penerapan teknologi pemasaran memiliki dampak yang positif terhadap volume penjualan produk pada perusahaan, hal ini dibuktikan pemasaran online memiliki jumlah lebih banyak dibandingkan pemasaran offline.