Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Kai Access Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus Pt Kai)

Main Author: Nioga, Adena NiogaAdena
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161770/1/Adena%20NiogaAdena%20Nioga.pdf
http://repository.ub.ac.id/161770/
Daftar Isi:
  • PT Kereta Api indonesia merupakan badan usaha milik indonesia yang menyediakan jasa di bidang transportasi yaitu kereta api.Seiring dengan perkembangan zaman PT KAI cukup menyadari pentingya sebuah aplikasi mobile untuk memberikan layanan secara online,dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam mengkases dan melakukan transaksi. Namun pada kenyataanya pengguna aplikasi yang disediakan oleh PT KAI yaitu aplikasi KAI Access cukup rendah berdasarkan rating dan respon dari pengguna pada PlayStore.Jika tingkat usability pada suatu aplikasi cukup rendah maka penggunanya juga rendah.Hal ini menjunjukkan bahwa nilai Usability KAI Access cukup rendah maka perlu diadakanya penelitian dengan malakukan pengujian dan perbaikan dalam aspek usability.Dalam melakukan pengukuran kualitas suatu aplikasi dapat dilakukan dengan pengukuran nilai usability.Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik usability testing yaitu pengujian usabilty menggunakan metode kuesioner System Usability Scale(SUS) dalam mengukur tingkat kepuasan,yang diberikan setelah melakukan pengujian dengan memberikan tugas yang dikerjakan oleh responden dengan menggunakan aplikasi KAI Access dan melakukan perbaikan dengan menggunakan metode Discovery Prototyping sebagai saran untuk perbaikan yang dilakukan dengan melakukan wawancara kepada pengguna,kemudian memberikan rekomendasi dengan menggunakan prototype dan kembali melakukan pengujian kemudian membandingkannya.Dari hasil yang didapatkan dari pengujian yang dilakukan memperoleh hasil nilai usability aplikasi KAI Access sebesar 57.48% dan setelah melakukan pengujian kembali dengan menggunakan prototype dari hasil rekomendasi perbaikan mendapatkan hasil sebesar 83.03%.