Evaluasi Dan Rekomendasi Tampilan Website E-Complaint Universitas Brawijaya Pada Perangkat Bergerak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation
Main Author: | Wibowo, Wahvu Satriyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161754/ |
Daftar Isi:
- Adanya permasalahan usability pada website E-Complaint UB khususnya yang dialami pengguna perangkat mobile dikarenakan desain tampilan tidak responsive menjadi perhatian penting karena mempengaruhi persepsi pengguna terhadap website. Maka dilakukan evaluasi usability untuk memperbaiki kendala yang rasakan oleh pengguna website E-Complaint UB dengan metode heuristic evaluation oleh 4 expert. Expert berpegang pada 13 heuristic mobile checklist yang telah disediakan. Dari sisi pengguna juga dilakukan penilaian usability menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) disertai dengan wawancara oleh 8 responden yang dibagi 2 kelompok yaitu civitas UB dan masyarakat umum. Hasil heuristic evaluation ditemukan total 66 permasalahan yang kemudian dirangkum menjadi 27 permasalahan termasuk permasalahan yang didapat ketika melakukan wawancara kepada responden yang dijadikan bahan perbaikan. Permasalahan usability paling banyak yang ditemukan expert yaitu prinsip heuristik MA04 dengan total 32 permasalahan ditemukan tentang "Consistency and standard" pada tampilan mobile. Perbaikan tampilan terhadap website E-Complaint UB berpegang pada guidelines, solusi dari expert dan saran dari pengguna. Hasilnya adalah menurunnya temuan permasalahan oleh expert dari 66 menjadi 29 permasalahan dengan rata-rata severity rating 1,80 yang sebelumnya 2,84 dan naiknya tingkat kepuasan pengguna dari skor awal SUS 44,38 menjadi 72,5 yang didukung dengan respon positif pengguna dari hasil wawancara. Skor SUS juga menyatakan membaiknya adjective ratings dari "Ok" menjadi "Good", grade scale dari "F" menjadi "C" dan acceptability dari "not acceptable" menjadi "acceptable".