Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan usability dan nilai severity yang terdapat pada Website Dinas Koperasi Kota Malang dengan menggunakan metode heuristic evaluation dan rekomendasi yang diajukkan. Metode yang digunakan adalah metode heuristic evaluation dalam menemukan permasalahan menggunakan observasi pendapat oleh ahli IT atau yang memiliki kemampuan dalam bidang content dari aplikasi tersebut. Hasil penelitian diketahui permasalahan usability yang didapatkan menggunakan heuristic evaluation berjumlah keseluruhan ada 24 permasalahan. Dari total 24 permasalahan tersebut terbagi tidak merata dalam masing-masing heuristic untuk permasalahan terbanyak terdapat pada heuristic H5-Consider error-prone conditions yaitu "mencegah terjadinya error" dengan berjumlah 5 permasalahan. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan permasalahan yang terdapat pada Website Dinas Koperasi berjumlah 4 permasalahan. Hal tersebut terbagi dalam 8 permasalahan cosmetic, 8 permasalahan minor dan 8 permasalahan major. Dari total 24 permasalahan bisa dikatakan hanya 4 permasalahan yang diberikan rekomendasi perbaikan secara nyata oleh evaluator. Katakunci: Evaluasi desain, Tampilan antarmuka, Dinas Koperasi, Heuristic Evaluation