Analisis Usability Alur Pencarian Pada Aplikasi Belanja Online Berbasis Android Dengan Model Goms

Main Author: Saputra, Andika Sujar Adi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161713/1/Andika%20Sujar%20Adi%20Saputra.pdf
http://repository.ub.ac.id/161713/
Daftar Isi:
  • Aplikasi belanja online atau biasa disebut e-commerce merupakan alat penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet. Diantara banyaknya industri e-commerce di Indonesia, salah dua dari aplikasi tersebut yaitu Lazada dan Matahari Mall. Kedua aplikasi tersebut merupakan situs belanja online yang menawarkan berbagai kemudahan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan jenis produk. Setelah dilakukan observasi awal ditemukan permasalahan berkaitan dengan aspek kepuasan, pengalaman dan efektifitas dalam penggunaan aplikasi, aspek tersebut merupakan poin penting untuk diperhatikan dalam pengembangan produk. Metode atau model yang dapat membantu mengetahui keinginan pengguna agar dapat mendesain produk yang memenuhi kebutuhan pengguna, salah satunya dengan melakukan analisis terhadap pengguna. Analisis terhadap pengguna dapat dilakukan dengan menggunakan model GOMS (Goals, Operator, Method, and Selection), merupakan model untuk analisis sebuah task. Selanjutnya untuk mengukur tingkat efisiensi dan kegunaan dari sebuah aplikasi diperlukan metode usability. Usability merupakan bagian dari user experience. Untuk dapat mengukur tingkat usability dari sebuah aplikasi. Dibutuhkan pendekatan dengan menggunakan kuesioner USE (Usefulness, Satisfaction, and Ease of use) dengan skala likert 1-7. Pengukuran tingkat usability dilakukan untuk mengetahui tingkat daya guna dari Lazada dan Matahari Mall serta perolehan tingkat usability pada desain rekomendasi yang merupakan prototype baru dari penelitian ini.