Evaluasi Perbandingan Scoring Proposed Value dan Perceived Value berdasarkan Model UX Honeycomb (Studi Kasus: Traveloka, Tiket.com, dan Pegi-pegi)
Main Author: | Musfikasari, Dina Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161711/1/Dina%20Ayu%20Musfikasari.pdf http://repository.ub.ac.id/161711/ |
Daftar Isi:
- Dalam bidang transportasi mulai banyak bermunculan aplikasi tiket online yang menerapkan layanan berbasis aplikasi. Kondisi tersebut dimanfaatkan dalam pengembangan sebuah aplikasi online berbasis mobile maupun web untuk memesan tiket online. Aplikasi tersebut seperti traveloka, tiket.com, dan pegi-pegi. Pada sebuah produk yang ditawarkan biasanya memiliki value proposition yang dirasakan oleh pengguna saat mengakses atau menggunakan produk. Value proposition design ditujukan untuk memenuhi kebutuhan, pengalaman, serta keinginan pengguna dalam menggunakan produk tersebut. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode UX Honeycomb untuk membandingkan value yang sistem berikan dengan value yang dirasakan pengguna berdasarkan aspek UX honeycomb. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hasil analisis proposed value dan perceived value dan untuk mengetahui perbandingan antara proposed value dan perceived value pada aplikasi traveloka, tiket.com, dan pegi-pegi. Metodologi penelitian ini dimulai dari studi pustaka, analisis value, penilaian value, pengambilan dan pengolahan data, perbandingan value, dan penarikan kesimpulan. Studi pustaka pada penelitian ini membahas mengenai 1) konsep user experience; 2) penjelasan mengenai metode UX model Honeycomb. Analisis value dilakukan menggunakan beberapa teknik yaitu wawancara, observasi, dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis untuk mendapatkan nilai pada proposed value dan perceived value berdasarkan aspek UX Honeycomb meliputi useful, usable, desirable, findable, accessible, credible, dan valuable. Langkah selanjutnya adalah melakukan perbandingan terhadap proposed value dan perceived value pada aplikasi traveloka, tiket.com, dan pegi-pegi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan setiap aplikasi yang diteliti mencakup keseluruhan aspek pada UX Honeycomb. Pada aplikasi traveloka aspek yang perlu ditingkatkan yaitu aspek useful. Pada tiket.com aspek yang perlu ditingkatkan adalah usable dan credible. Sedangkan pada aplikasi pegi-pegi aspek pada honeycomb yang perlu ditingkatkan adalah aspek usable dan desirable