Strategi Bauran Pemasaran Pada Umkm Pai Apel Malang Dalam Menghadapi Munculnya Oleh-Oleh Artis Di Kota Malang

Main Author: Laili, Alfiah Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161667/1/ALFIAH%20NUR%20LAILI.pdf
http://repository.ub.ac.id/161667/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan wisatawan domestik atau mancanegara pada tahun 2013-2016 meningkat sekitar 37% yang terdiri dari 5.719.881 wisatawan domestik dan 129.6663 wisatawan mancanegara. Peningkatan jumlah wisatawan berdampak terhadap peningkatan sektor industri, salah satu sektor industri yang meningkat adalah industri makanan. Hal ini didukung dengan merambahnya toko oleh-oleh di Kota Malang, banyaknya toko oleh-oleh tersebut dapat menimbulkan sebuah persaingan usaha. Persaingan usaha adalah persaingan antar pelaku usaha untuk mempengaruhi pembeli atau konsumen terhadap produk tertentu. Salah satu persaingan usaha yang ramai terjadi saat ini adalah persaingan oleh-oleh artis, pesatnya perkembangan industri ini menyebabkan beberapa artis membuka toko kue oleh-oleh di berbagai daerah. Di Kota Malang terdapat 4 toko kue oleh-oleh artis, persaingan usaha terjadi antar toko kue oleh-oleh artis tetapi persaingan juga terjadi antara toko kue oleh-oleh artis dan toko oleh-oleh lokal yang ada di Malang. UMKM Pai Apel Malang merupaka salah satu toko yang mengalami dampak dari persaigan usaha tersebut, sejak bermunculannya toko kue oleh-oleh artis tejadi penurunan penjualan sebesar 50% pada tahun 2015 dan mengalami penurunan kembali pada tahun 2016 sebesar 50% dari penurunan pertama. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya pemasukan dan kerugian bagi pemilik usaha, maka perlu dilakukan penelitian di UMKM Pai Apel Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dan menganalisis strategi pemasaran yang menjadi prioritas UMKM Pai Apel Malang untuk mengingkatkan penjualan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember – Maret 2018 pada UMKM Pai Apel Malang, responden dari penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah konsumen berjumlah 40 responden dan kelompok kedua adalah produsen berjumlah 3 responden, jadi dumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 43 responden. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitaif dengan dua analisis data yaitu Strucrural Equation Modelling (SEM) dan Analiytical Hierarcy Process (AHP). Pada penelitian ini terapat 5 variabel yaitu Bauran Produk (X1), Bauran Harga (X2), Bauran Tempat (X3), Bauran Promosi (X4), dan Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian dengan analisis SEM menunjukan hasil pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sebesar 52% dan 48% dipengaruhi oleh variabel diluar model. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah Bauran Harga (X2) dengan nilai 0.41. Dari Hasil tersebut maka pada analisis AHP dilakukan penentusn alternatif strategi untuk menentukan strategi penetapan harga. Berdasarkan hasil analisis AHP didapatkan hasil bahwa penetapan harga reseller memiliki bobot paling tinggi yaitu 0.355, maka strategi yang perlu dikembangkan adalah strategi penetapan harga reseller