Pengembangan Sistem Aplikasi Pelaporan Masyarakat Berbasis Web di Kabupaten Pekalongan
Main Author: | Amalia P, Richa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161619/1/Richa%20Amalia%20P.pdf http://repository.ub.ac.id/161619/ |
ctrlnum |
161619 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/161619/</relation><title>Pengembangan Sistem
Aplikasi Pelaporan Masyarakat Berbasis Web di Kabupaten Pekalongan</title><creator>Amalia P, Richa</creator><subject>006.76 Programming</subject><description>Keterbukaan informasi publik merupakan perwujudan demokratisasi dalam
pengelolaan pemerintahan yang memungkinkan partisipasi masyarakat dalam
mewujudkan good governance (tata kelola pemerintahan yang baik). Pada Dinas
Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pekalongan, hal itu dilakukan
dengan menyediakan wadah yang menampung laporan permasalahan dari
masyarakat berupa form online yang dapat diakses melalui website Pemerintah
Kabupaten Pekalongan. Namun, kelemahannya adalah proses distribusi laporan
ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilakukan secara manual, sehingga waktu
penyampaian dan respon cenderung lambat, serta masyarakat tidak mengetahui
tindaklanjut dari permasalahan yang disampaikan. Selain itu, tidak ada penilaian
terhadap kecepatan masing-masing OPD dalam menjawab laporan yang dapat
digunakan sebagai tolak ukur OPD dalam memberikan pelayanan prima kepada
masyarakat. Untuk menangani permasalahan tersebut, penulis mengembangkan
sistem aplikasi pelaporan masyarakat berbasis web dengan fitur untuk
melaporkan masalah di mana masyarakat dapat terhubung dengan OPD yang
terkait dengan permasalahannya dan menampilkan penilaian kinerja tiap OPD
berdasarkan kecepatan responnya terhadap laporan yang disampaikan
masyarakat. Penulis menggunakan waterfall model dalam mengembangkan
perangkat lunak. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, pengujian unit, pengujian
integrasi, dan pengujian validasi menghasilkan nilai 100% valid pada semua kasus
uji. Sedangkan pengujian compatibility menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan
dengan baik pada 86,67% dari 13 versi browser yang diujikan.</description><date>2018-07-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/161619/1/Richa%20Amalia%20P.pdf</identifier><identifier> Amalia P, Richa (2018) Pengembangan Sistem Aplikasi Pelaporan Masyarakat Berbasis Web di Kabupaten Pekalongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2018/423/051807583</relation><recordID>161619</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Amalia P, Richa |
title |
Pengembangan Sistem
Aplikasi Pelaporan Masyarakat Berbasis Web di Kabupaten Pekalongan |
publishDate |
2018 |
topic |
006.76 Programming |
url |
http://repository.ub.ac.id/161619/1/Richa%20Amalia%20P.pdf http://repository.ub.ac.id/161619/ |
contents |
Keterbukaan informasi publik merupakan perwujudan demokratisasi dalam
pengelolaan pemerintahan yang memungkinkan partisipasi masyarakat dalam
mewujudkan good governance (tata kelola pemerintahan yang baik). Pada Dinas
Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pekalongan, hal itu dilakukan
dengan menyediakan wadah yang menampung laporan permasalahan dari
masyarakat berupa form online yang dapat diakses melalui website Pemerintah
Kabupaten Pekalongan. Namun, kelemahannya adalah proses distribusi laporan
ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilakukan secara manual, sehingga waktu
penyampaian dan respon cenderung lambat, serta masyarakat tidak mengetahui
tindaklanjut dari permasalahan yang disampaikan. Selain itu, tidak ada penilaian
terhadap kecepatan masing-masing OPD dalam menjawab laporan yang dapat
digunakan sebagai tolak ukur OPD dalam memberikan pelayanan prima kepada
masyarakat. Untuk menangani permasalahan tersebut, penulis mengembangkan
sistem aplikasi pelaporan masyarakat berbasis web dengan fitur untuk
melaporkan masalah di mana masyarakat dapat terhubung dengan OPD yang
terkait dengan permasalahannya dan menampilkan penilaian kinerja tiap OPD
berdasarkan kecepatan responnya terhadap laporan yang disampaikan
masyarakat. Penulis menggunakan waterfall model dalam mengembangkan
perangkat lunak. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, pengujian unit, pengujian
integrasi, dan pengujian validasi menghasilkan nilai 100% valid pada semua kasus
uji. Sedangkan pengujian compatibility menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan
dengan baik pada 86,67% dari 13 versi browser yang diujikan. |
id |
IOS4666.161619 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-28T06:46:27Z |
last_indexed |
2021-10-28T07:46:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751454354609537024 |
score |
17.538404 |