Pengembangan Sistem Aplikasi Pelaporan Masyarakat Berbasis Web di Kabupaten Pekalongan

Main Author: Amalia P, Richa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161619/1/Richa%20Amalia%20P.pdf
http://repository.ub.ac.id/161619/
ctrlnum 161619
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/161619/</relation><title>Pengembangan Sistem&#xD; Aplikasi Pelaporan Masyarakat Berbasis Web di Kabupaten Pekalongan</title><creator>Amalia P, Richa</creator><subject>006.76 Programming</subject><description>Keterbukaan informasi publik merupakan perwujudan demokratisasi dalam&#xD; pengelolaan pemerintahan yang memungkinkan partisipasi masyarakat dalam&#xD; mewujudkan good governance (tata kelola pemerintahan yang baik). Pada Dinas&#xD; Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pekalongan, hal itu dilakukan&#xD; dengan menyediakan wadah yang menampung laporan permasalahan dari&#xD; masyarakat berupa form online yang dapat diakses melalui website Pemerintah&#xD; Kabupaten Pekalongan. Namun, kelemahannya adalah proses distribusi laporan&#xD; ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilakukan secara manual, sehingga waktu&#xD; penyampaian dan respon cenderung lambat, serta masyarakat tidak mengetahui&#xD; tindaklanjut dari permasalahan yang disampaikan. Selain itu, tidak ada penilaian&#xD; terhadap kecepatan masing-masing OPD dalam menjawab laporan yang dapat&#xD; digunakan sebagai tolak ukur OPD dalam memberikan pelayanan prima kepada&#xD; masyarakat. Untuk menangani permasalahan tersebut, penulis mengembangkan&#xD; sistem aplikasi pelaporan masyarakat berbasis web dengan fitur untuk&#xD; melaporkan masalah di mana masyarakat dapat terhubung dengan OPD yang&#xD; terkait dengan permasalahannya dan menampilkan penilaian kinerja tiap OPD&#xD; berdasarkan kecepatan responnya terhadap laporan yang disampaikan&#xD; masyarakat. Penulis menggunakan waterfall model dalam mengembangkan&#xD; perangkat lunak. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, pengujian unit, pengujian&#xD; integrasi, dan pengujian validasi menghasilkan nilai 100% valid pada semua kasus&#xD; uji. Sedangkan pengujian compatibility menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan&#xD; dengan baik pada 86,67% dari 13 versi browser yang diujikan.</description><date>2018-07-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/161619/1/Richa%20Amalia%20P.pdf</identifier><identifier> Amalia P, Richa (2018) Pengembangan Sistem Aplikasi Pelaporan Masyarakat Berbasis Web di Kabupaten Pekalongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FTIK/2018/423/051807583</relation><recordID>161619</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Amalia P, Richa
title Pengembangan Sistem Aplikasi Pelaporan Masyarakat Berbasis Web di Kabupaten Pekalongan
publishDate 2018
topic 006.76 Programming
url http://repository.ub.ac.id/161619/1/Richa%20Amalia%20P.pdf
http://repository.ub.ac.id/161619/
contents Keterbukaan informasi publik merupakan perwujudan demokratisasi dalam pengelolaan pemerintahan yang memungkinkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan good governance (tata kelola pemerintahan yang baik). Pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pekalongan, hal itu dilakukan dengan menyediakan wadah yang menampung laporan permasalahan dari masyarakat berupa form online yang dapat diakses melalui website Pemerintah Kabupaten Pekalongan. Namun, kelemahannya adalah proses distribusi laporan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilakukan secara manual, sehingga waktu penyampaian dan respon cenderung lambat, serta masyarakat tidak mengetahui tindaklanjut dari permasalahan yang disampaikan. Selain itu, tidak ada penilaian terhadap kecepatan masing-masing OPD dalam menjawab laporan yang dapat digunakan sebagai tolak ukur OPD dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk menangani permasalahan tersebut, penulis mengembangkan sistem aplikasi pelaporan masyarakat berbasis web dengan fitur untuk melaporkan masalah di mana masyarakat dapat terhubung dengan OPD yang terkait dengan permasalahannya dan menampilkan penilaian kinerja tiap OPD berdasarkan kecepatan responnya terhadap laporan yang disampaikan masyarakat. Penulis menggunakan waterfall model dalam mengembangkan perangkat lunak. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian validasi menghasilkan nilai 100% valid pada semua kasus uji. Sedangkan pengujian compatibility menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik pada 86,67% dari 13 versi browser yang diujikan.
id IOS4666.161619
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:46:27Z
last_indexed 2021-10-28T07:46:16Z
recordtype dc
_version_ 1751454354609537024
score 17.538404