Penerapan Target Costing Dalam Upaya Peningkatan Laba Pada Produk Keripik Kentang Di Ud. Rimbaku Kota Batu
Main Author: | Pratama, Ivan Bayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161592/1/IVAN%20BAYU%20PRATAMA.pdf http://repository.ub.ac.id/161592/ |
Daftar Isi:
- Industri pengolahan semakin meningkat pada setiap tahun. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya aktifitas usaha, terutama dalam hal industri pengolahan. Perlu adanya perencanaan biaya agar harga jual dari produk yang dihasilkan perusahaan dapat bersaing di dalam pasar dan target laba yang diinginkan oleh perusahaan juga dapat tercapai. Sebagian besar perusahaan menggunakan biaya standar dalam merencanakan biaya yang digunakan dalam kegiatan produksinya. Penggunaan biaya standar yang biasa digunakan oleh perusahaan belum dapat memenuhi target laba yang diinginkan perusahaan. Salah satu perusahaan yang masih belum mencapai target laba yang diinginkan dan masih menggunakan metode biaya standar adalah UD Rimbaku. Banyaknya perusahaan yang mengolah produk sejenis dengan yang dihasilkan oleh UD Rimbaku yakni keripik kentang menyebabkan perusahaan tidak dapat menentukan harga jual sesuai keinginan dari perusahaan sendiri. Semakin meningkatnya harga bahan baku kentang yang digunakan dalam produksi keripik kentang mengakibatkan laba yang didapatkan oleh perusahaan juga semakin menurun. Perusahaan tidak dapat meningkatkan harga jual keripik kentang meskipun harga bahan baku dalam pembuatan keripik kentang meningkat. Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain yaitu (1) menganalisis biaya produksi dan laba yang diperoleh UD Rimbaku dengan menggunakan metode Biaya Standar, (2) menganalisis biaya produksi dan laba yang diperoleh UD Rimbaku dengan menggunakan metode Target costing, (3) Menganalisis perbandingan biaya produksi dan laba yang diperoleh UD Rimbaku dari perhitungan dengan metode biaya standar dan metode target costing. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada UD Rimbaku yang terletak di Jl. Minsuarso No. 47, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Adapun waktu penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai dengan april 2018. Responden yang dipilih pada penelitian ini ialah pemilik perusahaan sebagai informant yang memiliki pengetahuan paling luas terkait kegiatan produksi pemilik perusahaan. Pada penelitian ini terdapat empat metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data terdiri atas metode biaya standar, metode target costing dan analisis komparatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada perhitungan biaya menggunakan metode standard costing, biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kemasan 80gr pada tahun 2016 adalah sebesar Rp. 9.977 dan Rp 13.744 untuk kemasan 130gr. Pada tahun 2017 biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kemasan 80gr adalah sebesar Rp. 10.413,00 dan untuk kemasan 130gr adalah sebesar Rp 14.386,00. Hal tersebut berbeda dengan hasl perhitungan biaya dengan menggunakan target costing yang dapat menekan biaya perkemasan untuk kemasan 80gr dan 130gr pada tahun 2016 dan 2017 menjadi sebesar Rp. 9.600 dan Rp. 13.600 Margin laba yang diinginkan perusahaan sebesar 20% dapat tercapai dengan penerapan metode target costing karena adanya tahap rekayasa nilai yang membantu perusahaan untuk menekan komponen biaya yang dirasa masih belum iefisien. Tahap rekayasa nilai pada penelitian ini dapat dilakukan pada beberapa komponen biaya seperti biaya tenaga kerja langsung, biaya kemasan, biaya tenaga kerja bagian toko, penghapusan biaya pameran, penghapusan biaya kerjasama dengan jasa travel, dan mulai mengembangkan pemasaran berbasis online untuk lebih memperkenalkan produk keripik kentang kepada masyarakat luas