Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram dan Pengaruhnya terhadap Business Performance Satisfaction (Studi Pada Pengusaha Kuliner di Kota Malang)
Main Author: | Aziz, Abdul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161558/1/Abdul%20Aziz.pdf http://repository.ub.ac.id/161558/ |
Daftar Isi:
- Jumlah pengguna media sosial yang besar menjadi daya tarik tersendiri bagi pelaku usaha untuk mencari hingga menjaga hubungan baik dengan pelanggan melalui media sosial. Tidak hanya perusahaan besar, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pun turut memanfaatkan media sosial demi mendapatkan keuntungan, salah satunya UMKM bidang kuliner. Jumlah UMKM kuliner di Kota Malang saat ini sedang berkembang pesat membuat persaingan yang muncul di antara mereka cukup ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial oleh UMKM kuliner terhadap kepuasan performa bisnis yang mereka rasakan. Penelitian ini juga mencari tahu pengaruh moderasi kemampuan sosial pengusaha dan/atau pegawai serta intensitas penjualan melalui media sosial terhadap hubungan pemanfaatan media sosial dengan kepuasan performa bisnis UMKM kuliner. Sebelum kuesioner penelitian disebarkan, dilakukan pilot study kepada 30 UMKM di Kota Malang. Hasil pengujian menunjukan satu item yaitu BP07 tidak valid, dan setelah menghapus item tersebut hasil reliabilitas menunjukan bahwa keseluruhan item penelitian telah reliabel. Selanjutnya dilakukan pengumpulan data dari 280 UMKM kuliner di Kota Malang dan hanya 86 yang bersedia menjadi responden. Enam di antaranya dapat dikatakan tidak layak sehingga akhirnya didapatkan 80 responden akhir dari penelitian ini. Data yang telah terkumpul kemudian akan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Pada hasil uji asumsi klasik ditemukan bahwa data penelitian bersifat normal, serta terbebas dari autokorelasi dan heteroskedastisitas. Meskipun data menunjukan gejala multikolinearisme, namun hasil tersebut dapat diabaikan karena model regresi melibatkan variabel interaksi. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa model regresi yang diajukan pada penelitian ini telah memenuhi goodness of fit. Selain itu penggunaan media sosial Instagram juga terbukti berpengaruh terhadap kepuasan performa bisnis. Kemampuan sosial pengusaha dan/atau pegawai UMKM sebagai variabel bebas juga positif berpengaruh terhadap kepuasan performa bisnis. Terakhir, dua variabel moderator yaitu kemampuan sosial dan tingkat penjualan melalui media sosial turut memengaruhi hubungan antara penggunaan media sosial dan kepuasan performa bisnis.