Pengaruh Konten Post Pada Media Sosial Instagram Terhadap Citra Merek Harvest Queen Hydroponic
Main Author: | Dimayanti, Aindha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161483/1/AINDHA%20DIMAYANTI.pdf http://repository.ub.ac.id/161483/ |
Daftar Isi:
- Pesatnya perkembangan teknologi dan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia tentu juga berimbas pada dunia pemasaran yaitu mulai bergeser dari yang semula traditional marketing (offline) menjadi digital marketing (online). Digital marketing merupakan strategi pemasaran modern yang dapat digunakan oleh pemasar untuk membangun citra merek (branding). Salah satu perusahaan yang aktif melakukan branding adalah Harvest Queen Hydroponic. Harvest Queen Hydroponic merupakan salah satu perusahaan bisnis pertanian di Kota Batu, Jawa Timur yang menerapkan teknik budidaya hidroponik dan memasarkan produknya menggunakan media sosial Instagram. Harvest Queen Hydroponic memiliki kendala dalam memasarkan produknya yaitu belum banyak dikenal masyarakat luas serta bagaimana meyakinkan konsumen untuk memilih sayuran dan buah hidroponiknya sebagai pilihan utama dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Oleh karena itu Harvest Queen Hydroponic memerlukan stimuli pemasaran untuk meningkatkan citra merek yang positif agar dapat memenangkan persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh tipe konten, konsistensi konten, keterbaruan konten, dan kejelasan konten terhadap citra merek Harvest Queen Hydroponic dimediasi aktivitas mental konsumen. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu followers akun instagram @Harvest_Queen saat ini yang berjumlah 1660 akun. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling menggunakan purposive sampling. Perhitungan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan taraf signifikansi 10% dan diperoleh 94 sampel. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan SEM-PLS dengan software WarpPLS versi 5.0. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pada evaluasi pengukuran model yang meliputi indicator reability, internal consistency reability, convergent validity, dan discriminant validity semua nilai telah memenuhi Rule of Thumb. Kemudian, hasil evaluasi model struktural menunjukkan bahwa nilai Adj.RSquare model dalam penelitian ini terletak antara 0.46-0.7 yang berarti pengaruh dalam model tersebut termasuk kuat. Nilai Q2 sebesar 0.515 dan 0.622>0 menunjukkan model mempunyai predictive relevance. Nilai effect size rata-rata memiliki pengaruh lemah dan menengah. Tipe konten dan keterbaruan konten tidak berpengaruh langsung terhadap citra merek yang dibuktikan pada uji efek mediasi dimana ada peran variabel aktivitas mental sebagai pemediasi sempurna antara tipe konten dan keterebaruan konten dengan citra merek. Pengaruh variabel kejelasan konten terhadap variabel citra merek memiliki efek mediasi parsial. Sedangkan, konsistensi konten tidak berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap citra merek. Variabel kejelasan konten memiliki pengaruh yang paling besar yaitu sebesar 0.211. Rekomendasi untuk pihak Harvest Queen yaitu sebaiknya akun @harvest_queen mengunggah post berupa video untuk meningkatkan kejelasan kontennya, karena selama ini post hanya bentuk foto.