Analisis Pengaruh Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Emping Jagung Di Agroindustri Firdaus Kelurahan Pandanwangi Malang
Main Author: | Islami, Nabila Rahma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161480/1/NABILA%20RAHMA%20ISLAMI.pdf http://repository.ub.ac.id/161480/ |
Daftar Isi:
- Jagung merupakan salah satu komoditas di Indonesisa yang menjadi bahan pangan dan merupakan sumber karbohidrat dan protein. Pemanfaatan jagung terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan keperluan lain seperti industri (Syamsudin dan Masniah, 2013). Salah satu produk hasil pemanfaatan jagung ialah emping jagung yang cukup dikenal masyarakat Indonesia. Agroindustri emping jagung telah berkembang di kota Malang yang belokasi di kelurahan Pandanwangi dimana salah satunya ialah agroindustri firdaus. Jumlah agroindustri emping jagung yang tidak sedikit menyebabkan perusahaan harus menciptakan strategi pemasaran dalam mencapai tujuan dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada serta menarik pelanggan baru. Selain itu persaingan bisnis oleh-oleh di kota Malang yang semakin ketat juga menjadi pemicu peningkatan bersaing oleh agroindustri firdaus melihat tingginya persaingan antar produsen. Pencapaian tujuan penelitian yaitu menganalisis pengaruh variabel lokasi dan word of mouth terhadap proses keputusan pembelian konsumen terhadap produk emping jagung merek firdaus, yang dianalisis menggunakan SEM-PLS dengan software WarpPLS 5. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan data primer melalui kuisioner dan teknik wawancaradengan jumlah responden sebanyak 75. Teknik penentuan sampel yang digunakan ialah accidental sampling. Hasil analisis menyatakan bahwa lokasi tidak memiliki pengaruh terhadap proses keputusan pembelian konsumen produk emping jagung firdaus. Sedangkan word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen produk emping jagung firdaus. Word of mouth memiliki pengaruh sebesar 63.2%.