Pembangunan Sistem Marketplace Yang Dapat Merekomendasikan Grup Facebook Yang Sesuai Dengan Produk Menggunakan Algoritme Cosine Similarity
Main Author: | Mukafi, Ahmad Wildan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161477/1/Ahmad%20Wildan%20Mukafi.pdf http://repository.ub.ac.id/161477/ |
Daftar Isi:
- Pesatnya perkembangan teknologi informasi membuat banyak manusia untuk menciptakan sebuah inovasi baru dalam hal teknologi. Marketplace adalah suatu bentuk dari hasil kemajuan teknologi saat ini. Marketplace sendiri adalah tempat atau wadah untuk melakukan pemasaran produk atau jasa memalui media internet. Seiring berjalannya waktu persaingan antar produk akan semakin meningkat, oleh karena itu dibutuhkanlah suatu cara pemasaran yang dapat menjangkau lebih banyak target pembeli yang susuai dengan produk. Pada saat ini facebook merupakan media sosial yang cukup banyak digunakan. Pada facebook terdapat fitur grup yang dinilai mampu untuk membantu memasarkan produk sesuai dengan target produk. Untuk memecahkan masalah di atas dibutuhkan sistem marketplace yang sudah terintegrasi dengan facebook, dengan memanfaatkan algoritme cosine similarity maka produk akan melihat tingkat kemiripan dari grup yang tersedia. Hasil dari analisi kebutuhan yang telah dilakukan didapatkan 41 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengujian whitebox dan blackbox. Pada pengujian whitebox dari delapan operasi yang berbeda semuanya mendapatkan hasil 100% valid dan sesuai dengan analisis kebutuhan yang telah dibuat. Dan pada pengujian blackbox pada empat belas pengujian dengan metode Equivalence Partitioning hasilnya 100% valid. Dengan demikian hasil pengujian fungsionalitas dapat dikatakan sangat baik dan sudah sesuai dengan analisis kebutuhan.