Evaluasi Proses Bisnis Layanan Transportasi Menggunakan Metode Quality Evaluation Factor (Qef) (Studi Kasus Pt. Citra Perdana Kendedes)
Main Author: | Miladiana, Desy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161427/1/Desy%20Miladiana.pdf http://repository.ub.ac.id/161427/ |
Daftar Isi:
- PT. Citra Perdana Kendedes atau lebih dikenal dengan taksi Citra merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa transportasi berupa taksi argometer. Ada beberapa proses bisnis utama yang berjalan pada perusahaan PT. Citra Perdana Kendedes dimulai dari menerima pesanan, pengiriman armada, pelelangan pesanan, penjemputan dan pengantaran pesanan, dan service berkala. Namun, banyak komplain yang masuk ke perusahaan mengenai permasalahan orderan. Hampir 70% dari ratusan komplain yang masuk setiap harinya mengenai keterlambatan taksi sampai ke tempat pelanggan. Oleh karena itu perlu diadakannya evaluasi serta analisis akar permasalahan yang terjadi di Perusahaan. Langkah-langkah yang digunakan dalam mengevaluasi proses bisnis adalah mendekomposisi fungsi bisnis menggunakan Value Shop Analysis, lalu pemodelan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN), kemudian melakukan pemetaan Quality Factor dari setiap proses bisnis yang telah dimodelkan menggunakan metode Quality Evaluation Framework (QEF). Hingga dihasilkan 5 quality factor yang tidak sesuai dengan target perusahaan. Ketidaksesuaian yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode 5 whys analysis. Berdasarkan dari hasil analisis menggunakan 5 whys di dapatkan 25 akar permasalahan dengan akar permasalahan yang paling banyak berasal dari sopir. Hal ini dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk mengurangi komplain yang masuk.