Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Desa Wisata Organik Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso

Main Author: Agatha, Modesta Putri Novia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161423/1/MODESTA%20PUTRI%20NOVIA%20AGATHA.pdf
http://repository.ub.ac.id/161423/
Daftar Isi:
  • Perkembangan sektor pariwisata di Indonesia dewasa ini semakin meningkat. Perkembangan ini dapat dilihat dari jumlah wisatawan baik berasal dari dalam negeri maupun luar negeri yang berkunjung ke Indonesia setiap tahunnya terus meningkat. Peningkatan kunjungan wisatawan dapat menjadi pertimbangan untuk mengembangkan sektor pariwisata yang diinginkan oleh wisatawan yang saat ini menunjukkan pergeseran kearah pengembangan pariwisata berkelanjutan. Hal ini direspon dengan munculnya Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Desa wisata ini menawarkan berbagai pelayanan yang menarik dan edukatif, akan tetapi terdapat salah satu permasalahan yaitu terdapat pembatasan kunjungan akibat dari pelayanan yang dirasa kurang baik oleh pengelola. Pengelola mengharapkan adanya peningkatan pelayanan yang nantinya dapat meningkatkan kepuasan pengunjung serta meningkatkan kapasitas kunjungan Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) terhadap kepuasan pengunjung Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Penelitian ini dilakukan di Desa Wisata Organik Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso pada bulan Februari 2018 hingga Maret 2018. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari kuesioner dan wawancara terhadap responden. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis SEM-PLS dengan menggunakan aplikasi WarpPLS 5.0. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 60,2% terhadap kepuasan pengunjung Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bukti fisik (tangible), daya tanggap (responsiveness), dan jaminan (assurance) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Sedangkan variabel kehandalan (reliability) dan empati (empathy) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung Desa Wisata Organik Lombok Kulon. Oleh karena itu, Desa Wisata Organik Lombok Kulon perlu memperbaiki kehandalan dan empati yang diberikan kepada pengunjung