Hubungan Strategi Komunikasi Melalui Media Sosial Instagram Dengan Keputusan Berkunjung Di Agrowisata Nagasvarna, Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi

Main Author: Kumalasari, Devi Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161422/1/DEVI%20AYU%20KUMALASARI.pdf
http://repository.ub.ac.id/161422/
Daftar Isi:
  • Instagram menjadi sarana untuk mendorong masyarakat menciptakan suatu tren yang tanpa disadari dapat mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Penggunaan media sosial Instagram ditunjang dengan strategi komunikasi yang baik akan mempermudah untuk mengenalkan destinasi wisata kepada masyarakat. Saat ini belum banyak pengelola pariwisata yang menyadari petingnya strategi komunikasi melalui media sosial untuk memperkenalkan wisatanya secara optimal. Salah satunya adalah Agrowisata Nagasvarna yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Agrowisata Nagasvarna memiliki akun Instagram dengan nama @Agro_wisata_nagasvarna, namun belum digunakan secara optimal. Pihak pengelola tidak memperhatikan bagaimana strategi komunikasi melalui media sosial Instagram agar dapat mempengaruhi masyarakat untuk berkunjung. Sedangkan strategi komunikasi sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan daya tarik wisatanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi komunikasi melalui media sosial Instagram dengan keputusan berkunjung di Agrowisata Nagasvarna. Metode analisis data yang digunakan ada Structural Equation Modelling (SEM) dengan teknik Partial Least Squere (PLS). Penelitian menganalisis strategi komunikasi media sosial yang meliputi tiga variabel yaitu kualitas konten, interaksi dan kualitas kontak layanan, sedangkan variabel perubahan sikap sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel yang memiliki hubungan dengan perubahan sikap adalah (1) variabel interaksi (IT) mempunyai hubungan sebesar 26% (2) variabel kualitas kontak layanan (KL) mempunyai hubungan sebesar 26%, sedangkan (3) kualitas konten (KK) memiliki hubungan sebesar 11%. Variabel yang memiliki hubungan dengan keputusan berkunjung (KB) adalah (1) variabel interaksi (IT) memiliki hubungan sebesar 11%. (2) variabel kualitas kontak layanan (KL) memiliki hubungan sebesar 17% (3) variabel perubahan sikap (PS) mempunyai hubungan sebesar 38%. Sedangkan (4) variabel kualitas konten hubungan sebesar 22%. Strategi komunikasi melalui media sosial Instagram mempunyai hubungan dengan keputusan berkunjung sebesar 38 % melalui perubahan sikap. Pada hasil penelitian ini juga diketahui bahwa variabel perubahan sikap mampu menjadi variabel mediasi