Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana Dan Prasarana Studi Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

Main Author: Firdausy, Danniar Reza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161373/1/Danniar%20Reza%20Firdausy.pdf
http://repository.ub.ac.id/161373/
Daftar Isi:
  • Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya adalah fakultas dibawah naungan Universitas Brawijaya, yang dalam menyelenggarakan kegiatan perkuliahanya tidak lepas dari penggunaan sarana prasarana. Seiring dengan berjalannya kegiatan tersebut, sarana prasarana akan mengalami kerusakan yang menyebabkan berkuranganya fungsi dan kegunaannya. Solusi sementara adalah dengan civitas akademik FILKOM melaporkan kepada pegawai Perlengkapan langsung secara lisan atau melalui website E-Complaint Universitas Brawijaya. Permasalahan yang muncul dari proses melaporkan keluhan tersebut adalah kesulitan dalam mengidentifikasi sarana prasarana yang dilaporkan sehingga membutuhkan waktu pelaporan yang cukup lama yaitu antara 4 sampai 6 menit. Berdasarkan permasalahan tersebut, dikembangkanlah Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Sarana dan Prasarana yang dapat digunakan civitas akademik untuk melaporkan keluhan sarana prasarana di lingkup wilayah FILKOM UB. Sistem informasi ini juga dapat digunakan untuk melacak status pelaporan dari keluhan-keluhan yang telah dilaporkan, baik oleh pihak pelapor sendiri maupun oleh civitas akademik lainnya. Pengembangan dari sistem informasi ini dibagi menjadi pengembangan aplikasi android untuk pelapor dan website operator untuk pegawai Perlengkapan. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan sistem informasi ini adalah menggunakan waterfall model. Kemudian untuk menguji hasil implementasi dari fungsi pelaporan dan pelacakan status pelaporan, akan dilakukan pengujian validation, pengujian usability dan pengujian perbandingan waktu. Dari tahap pengujian didapatkan hasil bahwa dengan disediakannya fitur kamera dan pindai kode QR, sistem informasi yang dikembangkan dapat mempercepat proses pelaporan keluhan dan juga sistem informasi ini dapat mempercepat pelacakan status pelaporan sarana prasarana.