Brand Personality Congruity (BPC) dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Merek yang Dimediasi oleh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Merek (Studi pada Smartphone Merek BlackBerry)

Main Author: Zuhroh, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161320/
Daftar Isi:
  • Motivasi seseorang kadang didorong oleh keinginan untuk mengekpresikan diri sehingga merek memiliki fungsi simbolik. Kepribadian merek yang kuat belum cukup untuk membangun loyalitas merek sehingga perlu adanya kecocokan antara kepribadian merek dengan kepribadian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan hubungan antara Brand Personality Congruity ( BPC ) terhadap loyalitas merek. Penelitian ini memunculkan variabel baru yang berposisi sebagai mediasi yaitu nilai pelanggan dan kepercayaan merek Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pemilik smartphone BlackBerry di Malang Kota. Jumlah sampel sebanyak 324 namun yang layak sejumlah 307. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sampel nonprobabilitas dengan teknik Accidental sampling . Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis GSCA. Hasil penelitian menunjukkan Brand Personality Congruity (BPC) berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas merek dimediasi oleh nilai pelanggan dan kepercayaan merek. Artinya BPC mampu mempertahankan loyalitas terhadap merek bila terlebih dahulu mampu meningkatkan nilai merek serta nilai pelanggan. Implikasi praktis penelitian ini sebagai informasi bagi manajer pemasaran dalam mengembangkan strategi pemasaran khususnya strategi dalam membangun loyalitas merek.