Pengaruh Pengalaman terhadap Niat Beli Via Online yang Dimediasi oleh Persepsi Kontrol Perilaku dan Kepercayaan (Studi pada Konsumen Remaja di Kota Denpasar)

Main Author: Giantari, IGstAyuKt
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161315/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan: 1) pengaruh pengalaman terhadap niat beli via online remaja di Kota Denpasar, 2) peran persepsi kontrol perilaku dan kepercayaan dalam memediasi atas hubungan pengalaman dengan niat beli via online remaja di Kota Denpasar. Desain penelitian menggunakan survei dan pengumpulan data secara cross section melalui kuesioner. Unit analisis adalah remaja yang sedang kuliah di perguruan tinggi negeri yang berdomisili di Kota Denpasar, berusia 17 - 24 tahun, sudah pernah melakukan pembelian minimal dua kali dalam enam bulan, dan membeli untuk kepentingan sendiri. Karena jumlahnya tidak bisa ditentukan (infinite) maka pengambilan sampel menggunakan non probabilitas sampling (sampel tidak acak) yaitu dengan convenience sampling. Hipotesis penelitian diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis variance , yaitu Smart PLS Ver 2.0 M3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman remaja secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan niat beli via online. Persepsi kontrol perilaku dan kepercayaan mampu sebagai mediasi sempurna ( complete mediation ) hubungan antara pengalaman dengan niat beli via online remaja di Kota Denpasar. Implikasi praktis penelitian ini, bagi online shop dapat memodifikasi bauran pemasaran dan memberi keyakinan kepada konsumen bahwa proses pembayaran melalui ATM atau kartu kredit terjamin, sehingga mereka menjadi lebih percaya terhadap online shop . Penelitian ini mengembangkan theory of planned behavior dengan menggunakan persepsi kontrol perilaku dan kepercayaan sebagai mediator pada pengalaman dan niat beli via online .