Pengambilan Keputusan Pembelian Makanan Jajanan oleh Konsumen Anak di Kota Malang
Main Author: | Triwijayati, Anna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/161312/ |
Daftar Isi:
- Konsumen anak adalah segmen yang potensial karena mereka memiliki uang saku dan melakukan pembelian. Perilaku mengkonsumsi jajanan pada konsumen anak merupakan perilaku anak yang khas di Indonesia. Penelitian tentang bagaimana anak mengambil keputusan konsumsi sangat menarik dan berguna untuk diteliti karena belum pernah ada penelitian serupa yang mengkaji dan menghasilkan model pengambilan keputusan khusus konsumen anak secara lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu teori proses pengambilan keputusan pembelian makanan jajanan oleh konsumen anak. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Metode tersebut dipilih untuk mendapatkan pengalaman anak yang bermakna dan ‘hidup`. Berdasarkan tahapan pengumpulan dan analisis data serta dari hasil penggolongan tema, diperoleh hasil 22 tema terkait dengan pengambilan keputusan konsumen anak. Semua tema tersebut diolah melalui proses esensi makna sehingga menghasilkan proposisi dan model pengambilan keputusan konsumen anak. Temuan penting dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengambilan keputusan konsumen anak ditentukan oleh faktor internal anak, referensi guru, orang tua, pengkondisian dan produk. Proses pengambilan keputusan konsumen anak memiliki tiga tahapan yaitu dorongan kebutuhan fisik dan psikis anak, proses evaluasi pilihan jajanan yang dilakukan dengan cepat ( quick evaluation ) dan keputusan pembelian yang tidak terencana ( unplanned decision ).