Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Perusahaan melalui Fleksibilitas Strategi sebagai Variabel Mediasi (Studi pada UKM Sentra di Kabupaten Malang)

Main Author: Arief, Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161305/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji dan menjelaskan pengaruh dari orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja perusahaan melalui fleksibilitas strategi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada UKM Sentra di Kabupaten Malang dengan berdasarkan pada Disperindag Kabupaten Malang Tahun 2012. Sampel penelitian ditentukan sebanyak 125 unit usaha dan dipilih dengan menggunakan metode probability sampling , dengan teknik Proportional Random Sampling . Unit analisis dalam penelitian ini adalah UKM Sentra (perusahaan) serta menempatkan pemilik/pengelola sebagai responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling dengan software AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kinerja perusahaan. Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja perusahaan ditentukan dari pemahaman UKM Sentra di Kabupaten Malang dalam menerapkan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan. Hasil menarik dari penelitian ini adalah dimensi perilaku proaktif bukan merupakan determinan utama dalam membentuk orientasi kewirausahaan. Hal ini bertolak belakang dengan konsepsi orientasi kewirausahaan sebagaimana yang dikemukakan oleh Lumpkin dan Dess (1996). Hasil temuan lain menunjukkan bahwa fleksibilitas strategi mampu berperan sebagai mediasi dari pengaruh antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja perusahaan. Dengan fleksibilitas strategi yang baik maka UKM Sentra di Kabupaten Malang mampu menghadapi dinamika lingkungan, sehingga berdampak pada pencapaian kinerja yang lebih baik. Meskipun demikian, peran mediasi dari fleksibilitas strategi dalam menentukan besarnya pengaruh antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja lebih kecil jika dibandingkan dengan pengaruh langsung. Secara keseluruhan, hasil studi ini mengindikasikan bahwa kombinasi antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan merupakan instrumen yang mendasari UKM Sentra di Kabupaten Malang dalam membentuk fleksibilitas strategi, sehingga mampu memperbaiki atau meningkatkan kinerja perusahaan.