Pengaruh Nilai Islami dan Citra Merek pada Perilaku Pembelian Melalui Kepercayaan Merek (Studi pada Mahasiswa Universitas Swasta Islam di Jawa Timur)

Main Author: Fianto, AchmadYanuAlif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161304/
Daftar Isi:
  • Konstruk dan fenomena budaya telah menjadi kajian yang sangat penting dalam konsep perilaku konsumen. Pemahaman yang baik mengenai budaya dan pengaruhnya pada sikap dan perilaku konsumen merupakan prasyarat untuk menjalankan aktifitas pemasaran yang efektif kepada konsumen dalam latar belakang budaya yang beragam. Terdapat anggapan bahwa ada hubungan yang kompleks antara budaya dengan perilaku manusia. Agama disebut sebagai unsur yang penting untuk mempelajari budaya karena merupakan salah satu institusi sosial yang paling universal dan berpengaruh serta memainkan peranan yang signifikan terhadap sikap, nilai-nilai dan perilaku baik di tingkat individu ataupun sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh nilai Islami dan citra merek terhadap perilaku pembelian sekaligus mengidentifikasi dan menganalisis peranan mediasi kepercayaan merek pada hubungan antara nilai Islami dan citra merek dengan perilaku pembelian. Penelitian ini menggunakan pengukuran untuk mengukur nilai Islami sebagaimana yang ada di dalam al-Qu`ran dan al-Hadist. Penelitian ini dilakukan pada 386 mahasiswa di 13 universitas swasta Islam yang tersebar di provinsi Jawa Timur. Hasil analisis penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai Islami dan citra merek memiliki peranan dalam mempengaruhi perilaku pembelian dan ternyata kepercayaan merek juga memiliki peran mediasi dalam hubungan antara nilai Islami dan citra merek dengan perilaku pembelian.