Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Institusi dan Nilai-Nilai Keislaman terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur)

Main Author: Qomariah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/161295/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas layanan, citra intitusi dan nilai-nilai keislaman terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah yang ada di Jawa Timur yang berjumlah 46.479 mahasiswa. Sedangkan sampel penelitian adalah sebesar 400 yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Untuk sampel setiap universitas digunakan metode Proportional Random Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah dengan analisis jalur dengan metode SEM (Structural Equational Modelling) dengan bantuan software AMOS 18.00. Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa : 1) Variabel citra institusi dan nilai-nilai keislaman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, 2)Variabel kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 3) Variabel kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan,4) Variabel kualitas layanan, citra institusi dan nilai-nilai keislaman tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.